Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

 

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan


Pertanyaan seputar jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan masih menjadi perbincangan hangat. Maklum saja, setiap anak muda pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang memiliki prospek tinggi serta bersesuaian dengan passion akademik. Tentu sayang sekali bukan jika pekerjaan Anda nantinya tidak sesuai dengan bidang yang Anda pelajari saat ini?

Perempuan masih menjadi kelompok identitas gender yang umumnya dominan di bidang Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA. Sayangnya tidak semua profesi di bidang IPA cocok untuk perempuan karena banyak sebab. Misal beban fisik atau resiko terlalu besar. Meski demikian, statemen ini tidak serta merta mengatakan bahwa setiap perempuan memiliki kekuatan fisik lebih rendah daripada laki-laki

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Diantara banyanya jurusan studi di bidang IPA, ada beberapa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Pada kesempatan kali ini Kita akan membincang beberapa jurusan tersebut sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih fokus studi. Langsung saja, berikut daftarnya: 

1. Kedokteran

Sebenarnya, jurusan kedokteran cocok untuk siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Terkait prospek dan kesuksesan finansial, menjadi seorang dokter tak perlu khawatir lagi. Akan tetapi yang tidak boleh Anda lupakan, resiko pekerjaan ini juga besar. Anda harus mendermakan seluruh pengabdian dan tenaga Anda untuk menaati sumpah profesi sebagai dokter

2. Farmasi 

Jurusan farmasi merupakan salah satu Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Alasan mengapa jurusan ini terhitung masih sepi tentu bukan karena tidak memiliki prospek, namun barangkali karena masih belum banyak orang tau betapa pentingnya peran seorang tenaga farmasi. Dalam bidang ini, Anda akan bergelut dengan berbagai jenis obat-obatan. 

3. Kebidanan

Sejak dulu, bidan memang identik dengan perempuan. Bidan bekerja menangani kesehatan para ibu sejak masa kehamilan hingga melahirkan, Jurusan kebidanan identik dengan perempuan yang memiliki sifat keibuan, penuh kasih sayang, dan merawat. 

4. Teknik Informatika

Di era digital seperti saat ini, manusia modern dituntut memahami algoritma informasi digital. Mungkin banyak orang bisa menggunakan sosial media, namun jarang orang memahami sistem perangkat lunak, cara kerja media digital, serta jaringan komputer. Dengan demikian, jurusan ini menawarkan prospek sangat luas.

Bagi perempuan, teknik informasi masih menjadi jurusan kuliah ipa yang jarang diminati tapi menjanjikan. Bidang ini membutuhkan kerja keras untuk belajar dan ketelatenan untuk memahami setiap detailnya. Sifat-sifat tersebut identik dengan sifat perempuan. 

5. Akuakultur (Budidaya Perairan)

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat besar. Tentu saja hal ini menuntut pengelolaan perairan yang besar dari SDM yang kompeten dalam bidang tersebut. Bagi para calon mahasiswa yang menyukai Biologi, jurusan ini sangat cocok untuk masa depan Anda. 

6. Planologi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota)

Jurusan IPA yang istimewa selanjutnya ialah Planologi. Jurusan ini cocok untuk Anda yang menyukai bidang matematika dan Geografi. Meskipun terdengar sebagai pekerjaan yang maskulin, jurusan ini tidak kalah cocok bagi para perempuan. Hal terpenting lainnya, Planologi masuk sebagai salah satu pekerjaan jurusan IPA yang gajinya besar.

Demikian uraian mengenai 6 jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Semoga pilihan jurusan tersebut dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan jurusan kuliah sekaligus profesi jangka panjang yang nantinya akan Anda geluti. Semoga bermanfaat. 

Baca juga : Cara Menulis Berita


Warkasa1919
Warkasa1919 Selain menulis, saat ini Warkasa1919 lebih fokus di jasa pembuatan Website & Blog siap pakai serta melayani Jasa Pemetaan di 1919 Mapping bersama Rekan-rekannya.

8 komentar untuk " Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan"

  1. Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya, mbak😅👍

      Hapus
  2. Keren banget nih artikel nya, boleh referensi anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Ester..terimakasih untuk kunjungannya😊

      Hapus
  3. Aduh, rasanya mau kuliah lg di bidang farmasi. Ciapa tau dosennya jomlo 🤣

    BalasHapus
  4. Wah sangat menarik ini judul dan artikelnya. Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id

    BalasHapus