-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RUANG MENULIS

 

 

RUANG MENULIS

Dahulu mungkin hanya orang-orang tertentu dan yang memiliki keahlian khusus di suatu bidang saja yang bisa mendapatkan peluang untuk berkontribusi di media cetak ataupun media online.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah banyak sekali media cetak ataupun media online yang bersedia untuk menampung karya tulis seseorang yang ingin menyalurkan suatu pandangan atau pendapat pribadinya ke khalayak ramai.

 

Citizen Journalism” atau “Jurnalisme Warga”, apakah Teman-teman  pernah mendengar istilah itu?

 

Jika belum pernah mendengar istilah itu, yuk baca artikel ini hingga tuntas, melalui artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan gambaran tentang apa itu “Citizen Journalism” atau “Jurnalisme Warga”.

 

Dikutip dari Wikipedia, “Jurnalisme warga”  itu sendiri adalah istilah untuk suatu kegiatan partisipasi aktif yang biasanya dilakukan oleh masyarakat umum di dalam melakukan kegiatan jurnalisme, contohnya adalah seperti kegiatan pengumpulan pelaporan, analisis, serta penyampaian informasi dan berita. Dan para “pelaku” inilah yang disebut sebagai jurnalis warga atau citizen journalist.

 

Di era yang perkembangan teknologinya sedang meningkat pesat seperti saat ini dan hampir semua kalangan berinteraksi dengan menggunakan media online yang ada, maka peluang menjadi jurnalis warga itu sebenarnya sangat terbuka bagi masyarakat umum. Dan untuk menjadi jurnalis warga, saat ini bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit, hampir semua orang bisa memanfaatkan media yang ada seperti; blog, website pribadi ataupun media sosial.

 

Facebook dan media sosial lainnya tanpa kita sadari sebenarnya sudah menjadi sumber informasi yang kita butuhkan selain media cetak ataupun media online terkemuka.

 

Saat ini Ruangmenulis.com  memiliki laman yang khusus untuk publik bernama “Kirim Artikel”, cukup dengan mengisi formulir yang berisi (Judul artikel, Foto atau gambar untuk ilustrasi artikel, memilih salah satu label yang tersedia, menuliskan artikel, serta menuliskan nama penulis dan email (jika ada) dan selanjutnya tinggal klik “submit”) maka tak lama kemudian tulisan hasil karya Teman-teman  sekalian akan tayang di situs Ruangmenulis.com . Cukup mudah sekali bukan?

 

Kenapa Ruangmenulis.com  memutuskan untuk memberi ruang bagi masyarakat umum untuk ikut andil menayangkan hasil buah pikirannya di Ruangmenulis.com ?

 

Seperti yang kita ketahui, saat ini produk-produk dari “Jurnalis warga” sendiri memiliki fungsi dan peran yang sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan para jurnalis media online pada umumnya, yaitu: mengabarkan suatu informasi kepada khalayak ramai dalam waktu yang cepat.

 

Dengan adanya media online, saat ini hampir semua informasi dituntut untuk didapatkan dan disebarkan dengan sangat cepat. Dan halaman khusus “Kirim Artikel”  yang ada di Ruangmenulis.com  itu diharapkan mampu untuk menampung artikel kiriman warga walau hanya dengan berbekal handphone yang di milikinya.

 

Produk Jurnalistik apa yang diharapkan oleh Ruangmenulis.com  melalui halaman “Ruang Menulis”?

 

1. Berita

Apakah Teman-teman  sekalian pernah membaca berita? Di halaman “Ruang Menulis" ini Teman-teman  sekalian bisa memberitakan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitar tempat tinggal Teman-teman .

Di media online sendiri ada jenis berita yang di beri nama  straight news” atau “berita langsung” dan ini adalah hal yang paling sering dimunculkan oleh media-media online pada umumnya. Dan Teman-teman  sekalian bisa belajar untuk melakukan kegiatan jurnalisme dengan mengabarkan suatu peristiwa dengan menuliskan artikel dengan label "Berita" dengan memanfaatkan halaman “Ruang Menulis” di Ruangmenulis.com .

 

2. Opini

Apakah Teman-teman  sekalian pernah membaca kolom “Opini” di media cetak ataupun media online? Tulisan yang berisi Pendapat atau pandangan seseorang dan di halaman “Ruang Menulis milik Ruangmenulis.com  Teman-teman  sekalian juga bisa menuliskan tentang suatu kejadian atau peristwa yang sedang terjadi. Teman-teman  tinggal menuliskan artikel dan memasukan label “Opini” yang ada di salah satu menu milik Rumahfiksicom.

 

Apakah Teman-teman  sekalian pernah membaca kolom “Opini” di media cetak ataupun media online? Opini adalah tulisan yang berisi pendapat atau pandangan seseorang. 

 

Halaman “Ruang Menulis” milik Ruangmenulis.com  juga memiliki label "Opini"  yang bisa Teman-teman  sekalian manfaatkan untuk menuliskan tentang pendapat dan pandangan Teman-teman  tentang suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi saat ini.

Walaupun tayang di Ruangmenulis.com  tetapi isi tulisan sepenuhnya adalah menjadi tanggung jawab Penulis yang bersangkutan. Admin Ruangmenulis.com  dan seluruh penanggungjawab Ruangmenulis.com  secara pribadi menyatakan terlepas dari tuntutan pihak ketiga terhadap isi tulisan Penulis yang bersangkutan (disclamer).

Sebelum menuliskan artikel di Ruangmenulis.com  Teman-teman  sekalian diharapkan untuk membaca Undang-undang No.19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebelum menayangkan artikelnya di Ruangmenulis.com .

 

Unduh Berkas

 

Selain Berita dan Opini, Teman-teman  sekalian juga bisa membuat artikel tentang, Berita, Opini, Inspirasi, Kesehatan, Pendidikan, Fiksi dan Cerita Anak di Ruangmenulis.com .

Untuk jenis artikel di atas diharapkan bahwa tulisan adalah hasil karya sendiri, bukan hasil copy-paste karya orang lain. Jika artikel karya Teman-teman  pernah ditayangkan di situs lainnya, diharapkan untuk memodifikasinya sedemikian rupa supaya ada perbedaan dari artikel sebelumnya.

Untuk menayangkan artikel di Ruangmenulis.com  Teman-teman  di harapkan mengetahui, bahwa Isi tulisan per artikel minimal 300 kata dan maksimal tidak dibatasi.

kutipan yang disertakan tidak lebih dari 25% (dua puluh lima prosen) dari badan artikel, tidak termasuk judul dan keterangan lain. Jika kutipan lebih dari 25% artikel maka admin Ruangmenulis.com  berhak untuk tidak menayangkan artikel milik Teman-teman  di Ruangmenulis.com .

 

 

Setelah mengenal sedikit ulasan tentang apa itu “Jurnalisme warga”, apakah Sobat adalah salah satu orang yang tertarik untuk menjadi jurnalis warga? Jika iya, maka halaman “Tulis Artikel”  milik Ruangmenulis.com  layak untuk Teman-teman  coba.

 

Ruangmenulis.com  selalu berusaha mendobrak batasan dan menciptakan terobosan baru. Jika Teman-teman  ingin menjadi bagian dari tim yang terdiri dari individu kreatif dan inovatif, mari bergabung bersama Kami di Ruangmenulis.com.