Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tanda-tanda WhatsApp Anda sedang disadap

 

Tanda-tanda WhatsApp Anda sedang disadap
Ilustrasi screenshot WhatsApp

Ruangmenulis.com - Banyak cara untuk mengetahui apakah WhatsApp Anda telah disadap oleh seseorang. Salah satu tanda bahwa WhatsApp Anda telah disadap, bisa diketahui jika teman Anda mendapatkan pesan misterius dari nomor Anda, padahal Anda tidak pernah mengirimkan pesan tersebut ke teman Anda.

Jangan menganggap remeh akan hal ini, jika Anda sudah mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap, segera lakukan tindakan. Sebab jika dibiarkan, itu dapat membahayakan keselamatan Anda.

Dengan berhasil menyadap akun WhatsApp Anda, maka peretas akan dapat dengan mudah mengetahui rahasia Anda berdasarkan isi pembicaraan Anda, dan bukan hanya itu saja, sebab dengan berhasil meretas akun  WhatsApp Anda, maka peretas juga bisa mengetahui pola tidur, isi kontak, dan hal lain menyangkut privasi Anda. Termasuk mungkin melakukan sejumlah penipuan dengan mengatasnamakan Anda.

Bagaimana jika ternyata akun WhatsApp Anda sudah berhasil disadap oleh peretas? Tidak ada cara lain, demi untuk kebaikan Anda, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengembalikan akun WhatsApp yang telah disadap oleh seseorang yang tak bertanggung jawab. 


Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp yang diretas:

Pertama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah me-non-aktifkan akun Anda, tujuannya adalah supaya peretas tidak bisa mencuri data-data Anda lebih lanjut.

Kedua, silahkan melaporkan kejadian peretasan atas peretasan akun WhatsApp Anda dengan cara mengirimkan email ke pengelola WhatsApp.


Berikut ini adalah email dan frasanya:  

Email: support@whatsapp.com 

Frasa "Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email.


Biasanya setelah penonaktifan berhasil, maka Anda akan memiliki waktu selama 30 hari untuk mengaktifkannya kembali sebelum dihapus sepenuhnya oleh pihak pengelola.


Berikut ini adalah tanda akun WhatsApp Anda telah disadap oleh peretas seperti yang ruangmenulis.com kutip dari CNN Indonesia.


1. Pesan Misterius

Jika ada beberapa teman Anda melaporkan bahwa mereka baru saja mendapatkan pesan dari Anda, padahal Anda tidak merasa mengirimi mereka pesan, maka itu adalah salah satu indikasi bahwa akun WhatsApp Anda telah di retas oleh seseorang.


2. Tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp

Seperti diketahui, aplikasi WhatsApp ini bersifat pribadi, jadi satu nomor hanya bisa digunakan untuk satu akun WhatsApp, jadi jika tiba-tiba Anda keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya, maka kemungkinan besar peretas telah berhasil masuk ke akun WhatsApp Anda. WhatsApp biasanya akan meminta verifikasi jika Anda berpindah perangkat ponsel dengan nomor yang sama.


PENTING! Jangan pernah menyetujui verifikasi jika Anda merasa tidak pernah keluar atau memindahkan akun WhatsApp ke perangkat lain.


Biasanya Anda akan mendapatkan peringatan pada ponsel jika keluar dari akun WhatsApp Anda. Adapun notifikasi-nya adalah seperti ini:

"Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda."


3. Kiriman OTP

OTP atau one Time Password adalah bagian yang paling pribadi di dalam akun aplikasi apapun. Jadi, jangan pernah memberikan kode OTP yang Anda terima kepada orang lain.

Kode OTP biasanya dikirimkan melalui SMS maupun WhatsApp, dan ini dibutuhkan sebagai bagian dari tahap verifikasi, jadi jika Anda  tiba-tiba saja mendapatkan kiriman kode OTP, itu artinya ada orang lain yang ingin masuk ke akun WhatsApp Anda, dan jika Anda memberikan kode itu kepada orang lain, maka peretas akan  dapat dengan mudah menyadap akun WhatsApp Anda.


4. Pesan terbaca Tanpa Dibuka

Jika Anda pernah mengalami kejadian kiriman pesan Anda sudah terbaca, (biasanya terlihat conteng berwarna biru) maka itu adalah salah satu tanda bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap.


5. Status Online Padahal Anda sedang Tidak Aktif

 Pernahkah ada teman Anda yang komplain karena melihat Anda online tapi tidak segera membuka pesan penting darinya? Sementara Anda tidak sedang membuka WhatsApp tapi terlihat online, waspadalah! Sebab itu adalah indikasi bahwa akun WhatsApp Anda sedang diretas.

Baiklah sobat ruangmenulis.com, itu adalah beberapa tanda-tanda jika akun WhatsApp Anda telah disadap, dan juga beberapa cara  untuk menghentikannya.


Semoga semua Informasi ini bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk mencegah tindakan kriminal ataupun hal-hal yang lain yang bisa mengancam keselamatan Anda. Salam.




Warkasa1919
Warkasa1919 Ruang Berbagi dan Informasi - Menyajikan berita dengan gaya bercerita (Gaya hidup, fiksi, tutorial, teknologi) juga menerima jasa pembuatan Blog dan Website siap pakai.

8 komentar untuk "Tanda-tanda WhatsApp Anda sedang disadap"

  1. Sekarang sedang marak lagi yang WhatsApp-nya disadap lagi, harus lebih hati-hati. Terimakasih informasinya yaaa mas πŸ‘πŸ‘πŸ‘ sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga artikel ini bisa sedikit memberi gambaran tentang beberapa tanda Dan cara mengatasinya jika kebetulan akun WhatsApp kita diretas😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya Om BudπŸ˜…πŸ€

      Hapus
  3. Terimakasih infonya mas Warkasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Ester, terimakasih sudah berkenan membacanya..

      Hapus
  4. Mkasih infonya ...

    BalasHapus