-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya

 

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya


Suatu kebanggaan ketika SDN Sadagori 1, terpilih mengikuti Launching Literasi Budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 


Berbagai pihak digaet oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada acara Launching Literasi Budaya ini, diantaranya Komandan Resor Militer 063/SGD, Komandan Pangkalan TNI AL Cirebon, Kodim 0614, Kepala Kepolisian Resor Cirebon Kota, Komandan Batalyon Arhanudse 14 Cirebon, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon, Kadisdik Kota Cirebon, Kadis Perhubungan Kota Cirebon, Sultan Sepuh XV Keraton kasepuhan Kota Cirebon, Sultan Anom XII Keraton Kanoman Cirebon, Sultan Kacirebonan, Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Cirebon, SDN Sadagori  dan berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 

Setelah sekian lama tidak ada kegiatan outdoor karena Covid-19, ketika mendengar ada kegiatan di luar sekolah, antusias peserta didik  sangat besar, itu juga kami batasi dari kelas 3 sampai 5 dan yang ikut berjumlah 191 berikut guru pembimbing. 

Namanya anak-anak ketika kami batasi pendaftaran tetap saja tiap hari jumlah peserta bertambah, tapi hal ini tidak aneh karena mereka kebanyakan melihat teman-temannya ikut atau tidak. 

Hari Rabu tanggal 25 Mei 2022, pukul 07.15 mobil penjemput sudah datang ke sekolah. Kami memakai kendaraan Korem 063/SGD dan Satpol PP, peserta didik baru pertama kali naik kendaraan truk tentara dan satpol PP, ada kesan tersendiri bagi mereka. 

Sekolah kami tiba paling awal dibanding peserta lain, sambil menunggu pembukaan dimulai, supaya peserta didik tidak bosan menunggu, saya berinisiatif mengisi kegiatan dengan mengadakan permainan dan bernyanyi. Biarlah sekali-kali membuat heboh, yang saya pikirkan supaya peserta didik tidak jenuh menunggu. Cuaca Kota Cirebon yang biasanya panas, hari itu cuacanya sangat bersahabat.

Setelah menunggu lumayan lama, akhirnya acara yang kami tunggu-tunggu dibuka. Dalam laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, bapak Agus Sukmanjaya, S Sos, beliau mengatakan, 


"Tujuan diadakan Literasi Budaya adalah supaya generasi penerus bangsa mengenal budaya dan sejarah  yang ada di daerahnya khususnya  di Kota Cirebon."


Jujur saja, saya menyambut baik kegiatan Literasi Budaya ini, karena kegiatan mengenalkan Peserta Didik pada kebudayaan Lokal, meski di Kota Cirebon ada keraton mereka banyak yang belum pernah mengunjunginya, mereka terbiasa pergi ke Mall dan tempat wisata diluar Kota Cirebon. 

Kegiatan mengenalkan budaya lokal, pernah saya lakukan di Sekolah terdahulu, diantaranya seminggu sekali peserta didik sarapan bersama dengan menu makanan khas Cirebon dan peserta didik belajar membatik dengan membawa mereka ke Sentra Batik yang berada di Cirebon. 

Dari empat pilihan, dalam kegiatan Literasi Budaya ini, saya memilih tempat Gedung Negara dan Keraton Kanoman. Karena ketika saya bertanya pada guru dan peserta didik mereka belum pernah mengunjunginya.

Saya berharap, generasi muda tidak melupakan sejarah budaya lokal dan tidak asing dengan makanan khas daerah masing-masing. 

Terimakasih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah memberi kesempatan pada kami untuk ikut andil memeriahkan kegiatan Launching Literasi Budaya


Dokumentasi Kegiatan

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya

SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya


ADSN1919

Rumah Fiksi 1919
Rumah Fiksi 1919 Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena aku akan binasa secara perlahan

4 komentar untuk "SDN Sadagori 1 Salah Satu Sekolah yang Dipilih Mengikuti Launching Literasi Budaya"

Warkasa1919 28 Mei 2022 pukul 21.55 Hapus Komentar
Kegiatan yang bermanfaat agar generasi muda tidak melupakan sejarah budaya lokal dan tidak asing dengan makanan khas daerah masing-masing.

Terimakasih untuk artikelnya, semoga makin sukses Mbak DinπŸ‘
Rumah Fiksi 1919 28 Mei 2022 pukul 21.57 Hapus Komentar
Sama-sama terimakasih atas kunjungannya, sehat dan sukses selalu πŸ™
zizazey 2 Juni 2022 pukul 22.43 Hapus Komentar
Semoga lancar dan sukses
Nitamarelda.com 4 Juni 2022 pukul 09.02 Hapus Komentar
kegiatan yg bagus sekali