-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mencatat di Laptop atau dengan Tulisan Tangan, Itu Tidak Masalah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tulisan tangan lebih baik daripada mengetik gagal mereplikasi. Benarkah demikian?

Salah Arah.

Bekerja seperti pesona. Anda begitu terjebak dalam sesuatu sehingga Anda benar-benar melewatkan apa yang sebenarnya lebih penting. Penyesatan dapat menggagalkan rencana jahat penjahat film dan terkadang (sementara) mencegah pahlawan wanita menyelamatkan hari. Itu juga terjadi di pendidikan tinggi.

Anda mungkin ingat sebuah penelitian yang dipublikasikan dengan baik yang mengklaim bahwa pena lebih kuat daripada laptop. Pada dasarnya bahwa siswa yang mencatat dengan tangan melakukan ujian lebih baik daripada mereka yang menggunakan laptop (Mueller & Oppenheimer, 2014). Studi ini adalah salah satu yang paling banyak dikutip dalam sejarah baru-baru ini dan menyebabkan fakultas di sekitar pedesaan melarang siswa menggunakan laptop di kelas. Di sini, akhirnya, adalah bukti empiris tentang manfaat membuat catatan secara langsung dan sesuatu yang diyakini banyak fakultas (dan masih dipercaya). Mundur: Sebuah studi baru (Urry et al. 2021) gagal mereplikasi temuan itu. Akankah pendulum berayun dengan pengajar yang lebih terbuka untuk laptop di kelas? Waspadalah terhadap penyesatan. Apa yang sebenarnya penting adalah instruktur perlu mendorong pencatatan, dalam bentuk apapun itu dilakukan. Tetapi pertama-tama, replikasi.

Jadi, apa yang sebenarnya dilakukan studi baru ini? Dalam studi lab ini, para peneliti meminta partisipan membuat catatan dengan laptop atau pena saat mereka menonton TED Talks. Ada penundaan di mana peserta teralihkan, dilanjutkan dengan kuis tentang materi pembicaraan. Mahasiswa sarjana dari Tufts University (total 145) mengajukan diri untuk studi ini. Setiap siswa menyaksikan satu dari lima ceramah. Enam puluh delapan siswa diperintahkan untuk membuat catatan di laptop, dan 74 membuat catatan melalui tulisan tangan. Siswa didominasi siswa tahun ketiga dan 62 persen diidentifikasi sebagai perempuan. Setiap ceramah berlangsung sekitar 15 menit, dan kuisnya sebagian mengingat fakta dan sebagian penerapan. Bukan itu saja. Para peneliti juga melihat studi serupa lainnya tentang topik tersebut.

Apa yang mereka temukan? Tidak ada perbedaan dalam seberapa baik prestasi siswa pada soal-soal mengingat faktual sebagai fungsi dari bagaimana mereka membuat catatan. Ini serupa dengan studi 2014. Perbedaan, dan kegagalan untuk mereplikasi, muncul saat Urry et al. menganalisis kinerja pada pertanyaan yang diterapkan. Sekali lagi, tidak ada perbedaan skor berdasarkan gaya pencatatan. Siswa yang menggunakan laptop memang menuliskan lebih banyak kata. Ya, saat menggunakan laptop, mahasiswa juga merekam lebih banyak perkuliahan secara langsung (overlap yang lebih tinggi).

Urry dkk. (2021) juga menemukan 8 studi serupa, yang juga bertujuan untuk mereplikasi hasil 2014. Studi yang dibandingkan juga menggunakan metodologi serupa dengan sedikit variasi. Pengaruh mencatat secara langsung tidak signifikan secara statistik.

Apa artinya ini bagi Anda? Studi berbasis lab ini menunjukkan bahwa instruktur tidak perlu khawatir tentang apa yang siswa gunakan untuk membuat catatan. Ketika siswa menggunakan laptop untuk membuat catatan, mereka mungkin menuliskan lebih banyak kata, dan lebih langsung merekam apa yang mereka dengar, tetapi ini tidak berarti mereka lebih baik dalam ujian. Itu tidak berarti mereka juga berbuat lebih buruk. Jangan sampai kita salah arah.

Penelitian yang dibahas terutama berbasis laboratorium dan tidak dapat menangkap banyak cara ruang kelas yang sebenarnya (jarak jauh atau secara langsung) beroperasi. Instruktur berbicara dengan kecepatan yang berbeda, memiliki slide yang bervariasi dalam seberapa banyak konten yang disajikan, penggunaan pertanyaan, diskusi, dan pembelajaran aktif, dan dalam keseimbangan antara berbagi fakta versus pengembangan keterampilan.

Poin yang lebih besar adalah ini: Siswa harus membuat catatan, item utama dalam daftar tip akademis. Tidak ada satupun studi di atas yang memiliki kondisi perbandingan dimana siswa tidak mencatat. Di banyak kelas dan terutama selama pandemi dengan pembelajaran jarak jauh, siswa tidak membuat catatan yang baik (atau apapun). Faktanya, mencatat adalah contoh kunci dari pengaturan diri: Siswa memutuskan ketika sesuatu itu penting, mencatat informasi, kemudian menggunakan catatan untuk menilai pemahaman mereka saat mereka merevisi catatan dan kemudian meninjau untuk ujian. Menurut ilmu kognitif, catatan membantu Anda dengan empat tujuan pembelajaran utama: seleksi, konstruksi, integrasi, dan akuisisi. Keempat tujuan ini melayani tujuan yang lebih besar dalam membantu siswa menyandikan materi untuk penyimpanan.

Jangan lupakan poin kritis lainnya. Laptop bisa mengganggu. Dalam sebuah penelitian, siswa yang menggunakan laptop hanya menghabiskan 37 persen waktunya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kelas (Ragan et al., 2014).

Secara keseluruhan, tidak ada bukti yang jelas untuk mendukung satu bentuk pencatatan di atas yang lain. Waktu kita sebagai pendidik (dan orang tua) akan lebih baik digunakan untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana membuat catatan yang baik, daripada terlalu fokus pada media.

***

Solo, Rabu, 24 Februari 2021. 3:46 pm

'salam cerdas penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

ilustr: Vela.Insure


Suko Waspodo
Suko Waspodo Dosen, Leadership Trainer, Penikmat Seni, Pemerhati Kehidupan

8 komentar untuk "Mencatat di Laptop atau dengan Tulisan Tangan, Itu Tidak Masalah"

Apriani1919 24 Februari 2021 pukul 16.13 Hapus Komentar
Sekarang mudah pake laptop 😁😀
Dewi Apriliana 24 Februari 2021 pukul 17.09 Hapus Komentar
Menarik ini artikelnya. Saya termasuk yg beraliran,murid itu perlu mencatat agar lebih melekat ke ingatan.
Kadang saat pjj ini saya memberi tugas yg kaitannya dng mencatat dng tulisan tangan. Kadang beberapa siswa tetap minta: boleh diketik bu :)
Suko Waspodo 24 Februari 2021 pukul 19.29 Hapus Komentar
Yang utama adalah tindakan mencatatnya, bukan medianya. Terima kasih untuk apreesiasinya. Salam sehat selalu.
Warkasa1919 24 Februari 2021 pukul 19.40 Hapus Komentar
Inspiratif. Terimakasih untuk ulasannya Om☺️
Himawan Sant 24 Februari 2021 pukul 20.09 Hapus Komentar
Ikut menyimak yang dibahas.
Interesting post.
Budi Susilo 24 Februari 2021 pukul 20.14 Hapus Komentar
Terima kasih
celotehnur54 24 Februari 2021 pukul 20.54 Hapus Komentar
Selama pakai laptop, menulis dengan tangan malah kaku tak karuan.
Pipit Piharsi 25 Februari 2021 pukul 18.04 Hapus Komentar
Saya sepakat yang utama memang pada tindakannya, bukan pada medianya.