-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Membuat Keputusan yang Mengubah Hidup

Perlu membuat keputusan yang mengubah hidup? Merasa cemas dan takut? Merasa tidak yakin tentang pilihan apa yang terbaik untuk Anda?

Kabar baik! Itu semua adalah hal yang wajar untuk dirasakan saat Anda akan membuat keputusan yang mengubah hidup.

Hidup dalam partisipasi aktif dalam kehidupan mengharuskan Anda untuk memutuskan bagaimana menjalani hidup Anda dan ke mana mengarahkan energi Anda. Itu bisa membuat kewalahan jika Anda tidak memiliki proses yang baik untuk membuat keputusan besar itu.

Saya akan menjelaskan proses sederhana yang akan membantu Anda menemukan jalan yang benar.

1. Memperjelas keputusan.

Untuk membuat keputusan yang tepat, Anda perlu mengidentifikasi dan mengklarifikasi keputusan apa yang sebenarnya Anda buat.

Pecahkan menjadi satu kalimat yang mewakili perubahan yang ingin Anda lakukan. Ini akan membantu menghilangkan emosi membingungkan yang sering mengelilingi situasi ini.

Bersikaplah spesifik dan langsung tentang keputusan yang ingin Anda buat. Berikut beberapa contoh untuk memberi Anda gambaran.

  • Haruskah aku pindah ke kota baru?
  • Haruskah aku kembali kuliah?
  • Haruskah aku meninggalkan pasangan saya?

Ambil sendiri selembar kertas dan tulis pernyataan keputusan Anda di atasnya. Pernyataan ini akan membantu menjadi sauh.

2. Buat daftar pro dan kontra dari keputusan tersebut.

Daftar pro dan kontra adalah cara yang bagus untuk membantu menghilangkan kebingungan tentang membuat keputusan yang mengubah hidup Anda.

Di kertas Anda, tulislah kolom pro dan kontra berdampingan di bawah kertas. Tuliskan semua yang menurut Anda mungkin relevan.

Berfokuslah kembali pada pernyataan keputusan Anda di bagian atas lembar jika Anda mendapati diri Anda dibanjiri emosi atau merasa fokus Anda terlalu banyak bergeser. Ini adalah jangkar Anda kembali ke proses berpikir jika Anda menemukan diri Anda melayang.

Jika Anda kesulitan mengajukan pro dan kontra, pertimbangkan pertanyaan berbeda yang mungkin bisa membantu melepaskan pikiran itu.

Gunakan kata-kata selain "pro" dan "kontra" karena itu sebenarnya bukan kata-kata yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan informasi semacam ini.

Sebaliknya, pertimbangkan pertanyaan seperti:

  • Apa keuntungan melakukan perubahan ini?
  • Bagaimana perasaan saya jika saya melakukan perubahan ini?
  • Bagaimana perasaan saya jika saya tidak melakukan perubahan ini?
  • Bagaimana keputusan ini membahayakan saya atau hidup saya?
  • Apakah saya akan mendapatkan kesempatan seperti ini lagi?

3. Pertimbangkan dan nilai setiap pro dan kontra.

Kita akan sedikit mempelajari metode lama dalam menyusun daftar pro dan kontra. Kita akan menilai setiap pro dan kontra pada skala nol hingga lima.

Angka nol harus mewakili item yang menurut Anda tidak terlalu berpengaruh atau tidak akan membuat perbedaan besar. Sebaliknya, angka lima harus mewakili item yang Anda rasa paling kuat atau rasa akan membuat perbedaan besar. Nomor satu, dua, tiga, dan empat harus mewakili intensitas yang berbeda di antara keduanya.

Tambahkan total kolom pro dan kontra Anda, dan Anda akan memiliki alat untuk menimbang keputusan dengan lebih baik.

Memberi peringkat pada masing-masing item ini akan membantu memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang betapa pentingnya setiap entri, daripada hanya menjadi daftar abstrak.

Misalnya, daftar Anda mungkin memiliki banyak kontra, tetapi kebanyakan nol dan satu, sedangkan daftar pro Anda lebih pendek dengan banyak merangkak dan lima. Bobot sebenarnya dari daftar pro mungkin lebih berat daripada kontra, sehingga Anda lebih condong ke arah pengambilan keputusan itu meskipun daftar kontra lebih panjang.

4. Berdamai dengan keputusan Anda.

Ada baiknya meluangkan waktu untuk mempertimbangkan kemungkinan hasil pilihan Anda.

Tetapi, inilah masalahnya. Seringkali, kita mungkin berpikir sesuatu akan berubah menjadi satu arah, tetapi hasilnya tidak seperti yang kita inginkan atau harapkan. Anda mungkin memiliki rancangan besar untuk hidup Anda, dan itu tidak berhasil karena alasan apa pun.

Kebalikannya juga benar. Anda mungkin mengalami kemunduran, atau sebuah rencana mungkin meledak yang membawa Anda ke arah yang benar-benar baru yang tidak Anda inginkan sampai Anda mendapatkannya. Terkadang hal itu mungkin membuat Anda menyadari bahwa apa yang Anda pikir Anda inginkan sebenarnya bukanlah apa yang Anda inginkan.

Alih-alih berfokus pada hasil potensial, fokuslah pada apakah Anda bisa menerima keputusan tersebut.

Setiap orang menyesal tentang hal-hal yang mereka harap akan mereka lakukan secara berbeda. Anda ingin yakin bahwa keputusan Anda adalah apa yang menurut Anda terbaik untuk hidup Anda berdasarkan informasi yang Anda miliki.

Dan jika Anda merasa tidak memiliki cukup informasi berguna untuk membuat keputusan itu, carilah.

5. Jangan bergerak kecuali hati Anda tertarik.

Apa artinya?

Ini berarti bahwa ini adalah keputusan yang Anda buat untuk diri sendiri, yang selaras dengan Anda. Itu adalah keputusan yang selaras dengan sesuatu yang diperlukan untuk Anda dan hidup Anda.

Ya, ada kalanya kita perlu membuat keputusan yang menguntungkan orang lain atas diri kita sendiri. Itu bagian besar dari memiliki tanggung jawab.

Tetapi ketika datang untuk membuat keputusan yang mengubah hidup, Anda ingin benar-benar yakin bahwa Anda bisa baik-baik saja dengan keputusan yang telah Anda buat. Jika tidak, hal itu dapat dengan cepat meledak di wajah Anda dan menghancurkan hubungan dengan orang lain.

Izinkan saya memberi Anda contoh, sehingga Anda bisa lebih memahami.

Sonia dan Hendra telah bersama selama sekitar lima tahun. Sonia telah mendaftar ke perguruan tinggi dan diterima di sekolah impiannya dengan beasiswa, tetapi itu di kota lain. Hendra tidak mau pindah. Dia ingin Sonia pergi ke sekolah dekat tempat mereka tinggal atau tinggal sekota dengannya. Sekarang Sonia dihadapkan pada pilihan. Apakah dia pergi ke sekolah impiannya di kota lain dan putus dengan Hendra? Atau apakah dia melupakan mimpinya, tinggal sekota dengan Hendra, dan pergi ke sekolah setempat?

Dalam skenario itu, Sonia harus melakukan apa yang sejalan dengan keinginannya sendiri. Misalkan dia tidak pergi, dan itulah yang ada di hatinya. Dalam hal ini, dia pada akhirnya akan membenci Hendra, yang akan meracuni dan mengikis hubungan, berpotensi menghancurkannya nanti. Kemudian dia tidak akan memiliki hubungan atau pengalaman itu, semuanya tidak ada artinya.

Tetapi mungkin tinggal itu tepat untuknya. Mungkin dia juga diterima di program lokal di mana dia bisa melanjutkan pendidikannya, tinggal bersama pasangan dan keluarga serta teman-temannya di daerah itu.

Tidak ada jawaban benar atau salah karena itu tergantung apa yang ada di hati Sonia. Keputusan apa yang terbaik untuk Sonia dan masa depannya?

Dan keputusan apa yang terbaik untuk Anda? Apa yang paling sesuai dengan apa yang Anda inginkan dalam hidup?

Jangan mengambil langkah setengah hati dengan keputusan yang mengubah hidup. Pastikan hati Anda tertarik, meskipun Anda merasa takut atau tidak yakin; dengan cara itu, Anda tidak akan menyesali keputusan itu tiga puluh tahun kemudian.

6. Buatlah pilihan untuk bertindak - lalu lakukanlah.

Pernah mendengar tentang "kelumpuhan analisis?" Ini adalah frasa yang digunakan untuk menarik perhatian pada perilaku menggunakan penelitian untuk membebani diri sendiri agar tidak membuat keputusan.

Orang yang terjebak dalam kelumpuhan analisis mungkin merasa tidak memiliki cukup informasi untuk membuat keputusan yang sesuai. Dia pasti punya lebih banyak. Dia harus mempertimbangkan setiap sudut dan hasil yang mungkin sebelum dia merasa baik-baik saja dengan mengambil langkah-langkah yang perlu dia ambil.

Terkadang kita tidak memiliki kebebasan untuk itu. Mungkin ada tenggat waktu yang membayang atau titik potong yang sulit di mana ia melakukan atau kehilangan peluang. Dalam hal ini, keputusan paling baik dibuat dengan waktu yang cukup untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Tetapi jika tidak ada batasan waktu, Anda harus memutuskan sendiri kapan harus mengambil tindakan. Secara umum, membuat keputusan impulsif bukanlah ide yang baik, tetapi juga tidak tepat untuk membiarkannya terlalu lama.

Anda harus membuat keputusan sendiri jika tidak ada faktor eksternal yang memandu Anda. Beri diri Anda sekitar satu bulan. Itu akan memberi Anda banyak waktu untuk meneliti dan mempertimbangkan pilihan Anda. Setelah tanda tiga puluh hari itu berlalu, sekarang saatnya membuat keputusan jika Anda belum melakukannya.

Lakukan dan terus maju, apakah itu mengejar keputusan yang mengubah hidup atau menemukan jalan lain yang tepat untuk hidup Anda.

7. Jangan melebih-lebihkan pentingnya keputusan.

Saat kita berbicara tentang membuat keputusan yang mengubah hidup, sering kali terjadi bahwa meskipun sesuatu mungkin mengubah hidup kita dengan sangat baik, perubahan itu tidak sepenting yang Anda pikirkan.

Perubahan karier tidak harus permanen jika tidak berhasil - Anda masih memiliki keterampilan dan pengalaman untuk kembali ke jalur karier Anda saat ini jika Anda mau atau perlu.

Mengakhiri suatu hubungan bisa tampak seperti hal yang besar pada saat itu, terutama ketika hubungan itu sudah lama. Tetapi Anda akan kagum betapa cepatnya hidup dapat kembali normal setelah putus cinta atau perceraian.

Pindah ke kota baru dapat mengubah banyak hal tentang hidup Anda - teman baru, pekerjaan baru, lingkungan baru, dan hobi. Tetapi, sekali lagi, hidup kembali normal, meskipun itu normal baru, dengan cukup cepat. Dan Anda selalu bisa mundur lagi.

Mungkin satu-satunya keputusan yang mengubah hidup Anda secara permanen adalah memiliki anak. Anda tidak dapat benar-benar menariknya kembali setelah itu terjadi dan kehidupan berubah dalam banyak hal. Tetapi meski begitu, Anda menyesuaikan diri dengan rutinitas baru dan hidup terus berjalan.

Jadi jika Anda merasa khawatir tentang keputusan itu, ingatlah bahwa apa pun yang Anda pilih tidak mungkin merusak hidup Anda. Ini mungkin berarti penyesuaian atau transisi, tetapi bagaimanapun juga Anda akan baik-baik saja.

***

Solo, Jumat, 12 Maret 2021. 4:11 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

ilustr: Zapier 

Suko Waspodo
Suko Waspodo Dosen, Leadership Trainer, Penikmat Seni, Pemerhati Kehidupan

5 komentar untuk "7 Cara Membuat Keputusan yang Mengubah Hidup"

Warkasa1919 13 Maret 2021 pukul 07.29 Hapus Komentar
Bermanfaat. Terimakasih untuk artikelnya Om Suko☺️👍
Apriani1919 13 Maret 2021 pukul 12.42 Hapus Komentar
Pak Suko makasih artikelnya
Ari Putra 15 Maret 2021 pukul 10.36 Hapus Komentar
membuat pro dan kontra itu memang sangat penting dilakukan agar kita bisa menilai dengan lebih baik lagi dari berbagai sudut pandang
Srie Nuryani 30 Maret 2021 pukul 18.16 Hapus Komentar
Makasih artikelnya pak,
celotehnur54 30 Maret 2021 pukul 19.46 Hapus Komentar
Yang peting dalam mengambil keputusan tak boleh ragu-ragu. He he .... Keren. Mas Suko.