-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mungkinkah Hari Valentine Buruk untuk Beberapa Hubungan?


Ini dapat memberikan dorongan untuk beberapa dan bukan yang lain, dan bahkan dapat mempercepat perpisahan.


Poin-Poin Penting

  • Hari Valentine dapat meningkatkan perasaan puas dan memberi orang kesempatan untuk mengekspresikan cinta mereka kepada pasangannya.
  • Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tinggi dalam penghindaran keterikatan tidak mengalami peningkatan kepuasan ketika Hari Valentine menonjol.
  • Satu studi menemukan bahwa pasangan yang kepuasannya sudah berada di jalur yang menurun kemungkinan besar akan putus pada Hari Valentine.

Hari Valentine telah tiba—hari di mana kita merayakan cinta dan hubungan romantis kita sendiri dengan makan malam mewah, kartu romantis, bunga, dan cokelat. Ada alasan bagus untuk percaya bahwa menjadi romantis dan fokus pada pasangan Anda baik untuk hubungan Anda. Tetapi apakah ada hubungan tertentu, atau orang tertentu, yang tidak demikian?

Orang-orang dalam hubungan yang memuaskan sering kali mengungkapkan kasih sayang, penghargaan, dan kekaguman terhadap pasangannya. Salah satu perilaku pemeliharaan hubungan penting yang membantu menjaga ikatan tetap kuat adalah memberikan "kepastian" kepada pasangan Anda bahwa Anda mencintai dan menghargai mereka. Ini bisa dalam bentuk mengatakan "Aku mencintaimu," memuji pasangan Anda, melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan untuk mereka, atau membawakan mereka hadiah. Yang jelas, di Hari Valentine, orang cenderung memberikan jaminan lebih dari biasanya. Ini bisa membuat liburan menjadi kesempatan ketika orang merasa sangat baik tentang hubungan mereka. Di sisi lain, jika Anda lebih suka tidak menjadi lembek dengan pasangan Anda, Hari Valentine mungkin memiliki efek sebaliknya. Penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa hubungan, Hari Valentine bahkan bisa menjadi bumerang.

Tipe orang seperti apa yang paling positif merespons Hari Valentine?


Bill Chopik dan rekan mengusulkan bahwa apakah hari Valentine membuat Anda merasa lebih baik tentang hubungan Anda tergantung pada gaya keterikatan Anda, dan khususnya, sejauh mana Anda mengalami penghindaran keterikatan. Penghindaran keterikatan adalah kecenderungan untuk menghindari keintiman dan merasa tidak nyaman berada dekat dengan orang lain. Orang-orang yang tinggi dalam penghindaran keterikatan mungkin mengalami tekanan Hari Valentine secara negatif, atau setidaknya tidak mengalaminya sebagai hal yang sangat positif.

Dalam tes cerdas tentang efek arti-penting Hari Valentine, Chopik dan rekan telah menggabungkan peserta untuk menyelesaikan survei online tentang hubungan mereka baik pada Hari Valentine atau pada hari lain yang dipilih secara sewenang-wenang di pertengahan April. Untuk membuat liburan menjadi lebih menonjol, beberapa peserta diingatkan tentang Hari Valentine dengan melihat iklan spanduk tentang acara Hari Valentine, sedangkan peserta lain melihat iklan spanduk yang tidak terkait dengan tanggal. Setelah melihat iklan, peserta mengevaluasi kepuasan hubungan mereka.

Peserta yang menyelesaikan survei pada Hari Valentine dan juga diingatkan oleh iklan spanduk melaporkan kepuasan hubungan yang lebih besar daripada peserta dalam kondisi eksperimental lainnya—tetapi hanya bagi mereka yang mendapat skor rendah dalam penghindaran keterikatan. Orang yang tinggi dalam penghindaran keterikatan tidak terpengaruh oleh manipulasi. Sisi baiknya, arti-penting Hari Valentine tidak berdampak negatif pada tingkat kepuasan hubungan mereka—itu hanya gagal membuat mereka merasa lebih baik tentang hubungan mereka.

Jenis hubungan apa yang bisa dirusak oleh Hari Valentine?


Dalam penelitian mereka tentang efek Hari Valentine pada perpisahan, Morse dan Neuberg mengemukakan beberapa alasan mengapa Hari Valentine berpotensi buruk bagi hubungan:

  • Sementara ritual Hari Valentine bisa memicu romansa, itu mungkin dianggap tidak tulus atau wajib dan kehilangan kekuatannya untuk menjadi jaminan cinta dan kasih sayang pasangan, terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki alasan untuk meragukan kasih sayang pasangannya.
  • Karena liburan ini bersifat publik, kita melihat orang lain merayakan cinta mereka dan mungkin mendapat kesan yang salah bahwa orang lain lebih mencintai daripada mereka sebenarnya—dan lebih dari kita.
  • Jika hubungan tidak berjalan dengan baik, berpartisipasi dalam ritual Hari Valentine mungkin terasa seperti terlalu banyak usaha, atau bahkan terasa sangat tidak tulus.

Mereka berhipotesis bahwa untuk hubungan yang sudah menuju ke masalah, Hari Valentine dapat mendorong pasangan ke tepi dan mempercepat perpisahan.

Dalam studi mereka, Morse dan Neuberg mensurvei 245 mahasiswa sarjana tentang hubungan mereka satu minggu sebelum dan satu minggu setelah Hari Valentine, atau selama periode dua minggu lain yang tidak bertepatan dengan Hari Valentine. Mereka menemukan bahwa hubungan yang sudah berada di jalur yang menurun (bahkan yang cukup kuat), kemungkinan besar akan bubar selama periode dua minggu yang termasuk Hari Valentine, dibandingkan dengan periode dua minggu yang sewenang-wenang. Jadi, itu berarti bahwa jenis hubungan yang sama yang kemungkinan akan berlanjut selama periode non-Hari Valentine putus selama periode Hari Valentine.

Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan bahwa jika Anda adalah tipe orang yang nyaman mengungkapkan kasih sayang, Hari Valentine untuk sementara dapat meningkatkan perasaan cinta Anda untuk pasangan Anda. Tetapi itu juga tergantung pada lintasan hubungan Anda. Jika segalanya berjalan menurun, tekanan Hari Valentine mungkin hanya diperlukan untuk mendorongnya sampai ke dasar.

***
Solo, Selasa, !5 Februari 2022. 12:41 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Psychology Today

Suko Waspodo
Suko Waspodo Dosen, Leadership Trainer, Penikmat Seni, Pemerhati Kehidupan

4 komentar untuk "Mungkinkah Hari Valentine Buruk untuk Beberapa Hubungan?"

Warkasa1919 15 Februari 2022 pukul 13.49 Hapus Komentar
Inspiratif.. terimakasih untuk artikelnya, Mas👍
Meduster 15 Februari 2022 pukul 14.13 Hapus Komentar
Inspiratif Pak Suko
Suko Waspodo 15 Februari 2022 pukul 15.05 Hapus Komentar
Sama-sama. Terima kasih apresiasinya
Suko Waspodo 15 Februari 2022 pukul 15.06 Hapus Komentar
Siaaappp