-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ciri-ciri, Struktur dan Jenis Novel

Ruang Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Ciri-ciri, Struktur dan Jenis Novel

Sobat Ruang Menulis tentu pernah membaca novel bukan? Novel memang menjadi salah satu karya sastra yang paling banyak digemari orang. Menurut KKBI, novel adalah jenis karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita tentang kehidupan seseorang dengan orang-orang yang berada di sekelilingnya, di dalam strukur ceritanya, biasanya cerita novel lebih banyak menonjolkan watak dan sifat dari masing-masing pelakunya.

Pada umumnya cerita di dalam novel selalu diawali dengan kejadian atau peristiwa penting yang tengah dialami oleh tokoh di dalam cerita yang nantinya akan mengubah nasib dalam hidupnya. hingga, tokoh - tokoh dan wataknya juga akan ikut berkembang sampai mengalami perubahan nasib atau mengalami suatu peristiwa yang penting.

Istilah novel sesungguhnya berasal dari bahasa Italia, "novella," yang artinya adalah suatu kisah atau cerita, sedang untuk orang-orang yang menulis novel biasanya disebut sebagai novelis.

Sebagai salah satu karya sastra, biasanya novel memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan karya sastra lainnya, namun yang paling menonjol dari karya sastra ini adalah bisa dilihat dari jumlah kata atau kalimatnya, sebab pada umumnya novel lebih banyak muatan kata dan kalimatnya sehingga dalam proses pemaknaannya pun relatif jauh lebih mudah daripada memaknai sebuah puisi atau prosa lainnya yang cenderung lebih “hemat” kata dan biasanya lebih banyak mengandung beragam bahasa kiasan.

Biasanya novel memiliki alur cerita yang lebih panjang dari cerpen sehingga di dalam naskah ceritanya cendrung dapat mengemukakan sesuatu secara lebih banyak, rinci, detail. Selain itu, novel juga biasanya didalam struktur ceritanya memiliki banyak permasalahan yang kompleks.


Ciri-Ciri Novel

Pada umumnya novel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pada umumnya novel memiliki lebih dari 35.000 kata dan pada umumnya memiliki 100 halaman.

  • Dari segi waktu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk membaca sebuah novel paling setidaknya memakan waktu sekitar 2 jam (120 menit).

  • Sebuah novel biasanya ditulis dengan suatu narasi dan deskripsi yang berguna untuk memperjelas gambaran atas suatu kejadian yang ada di dalam cerita novel tersebut.

  • Biasanya di dalam sebuah novel memiliki alur cerita yang lebih kompleks dan terdapat lebih dari satu impresi, efek, dan juga emosi yang terbangun jauh berbeda dengan cerpen.

  • Alur cerita pada sebuah novel biasanya juga panjang dan lebih lambat jika dibandingkan dengan karya sastra lainnya.


Struktur Novel

Mengutip dari liputan6.com adapun beberapa struktur di dalam sebuah novel adalah sebagai berikut:

  • Novel pada umumnya memiliki Abstrak: Abstrak sendiri adalah ringkasan inti dari sebuah novel yang menjelaskan sebagai gambaran awal. Walau begitu abstrak ini sebenarnya bersifat opsional, jadi bisa digunakan atau  tidak.

  • Di dalam struktur novel biasanya ada orientasi: Adapun orientasi sendiri adalah segala hal yang berkaitan dengan suasana, baik waktu dan tempat yang ada di dalam sebuah cerita novel.

  • Sebuah novel juga pada umumnya memuat komplikasi: Komplikasi ialah urutan dari beberapa kejadian yang biasanya dihubungkan berdasarkan sebab akibat di dalam sebuah cerita novel.

  • Pada sebuah cerita novel biasanya ada evaluasi: Evaluasi sendiri adalah klimaks dari suatu permasalahan yang terjadi di dalam sebuah novel.

  • Struktur yang ada di dalam sebuah novel biasanya juga memuat resolusi: Resolusi adalah bagian di mana terdapat solusi terhadap suatu permasalahan atau kilmaks dari sebuah cerita yang dihadapi oleh tokoh utama di dalam cerita sebuah novel.

  • Bagian terakhir yang ada di dalam sebuah novel biasanya adalah koda: Koda sendiri adalah penutup atau bagian akhir dari cerita sebuah novel yang biasanya memuat pesan atau nilai-nilai moral yang akan disampaikan kepada pembaca.


Pada umumnya alur cerita yang terdapat di dalam sebuah novel bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Berdasarkan Kisah Nyata atau Fiksi

  • Novel fiksi, adalah novel yang alur ceritanya tidak berdasarkan kisah nyata atau kejadian di kehidupan nyata alias berdasarkan imajinasi si penulisnya.

  • Novel non fiksi, adalah novel yang alur ceritanya tentang hal-hal yang pernah terjadi pada kehidupan nyata dan dituliskan ulang menjadi sebuah cerita.

Berdasarkan Genre

  • Novel romantis, adalah novel yang sebagian isi ceritanya berkisah tentang percintaan dua tokoh dan lain sebagainya.

  • Novel horor, adalah karya sastra yang sebagian isi ceritanya berkutat tentang sesuatu atau peristiwa yang menakutkan, ide ceritanya bisa dari hasil imajinasi penulisnya ataupun dari hasil suatu kejadian yang benar-benar menakutkan masyarakat pada umumnya.

  • Novel komedi, adalah novel yang beisi tentang suatu hal yang mampu membuat orang lain tertawa dengan membaca kisahmya.

  • Novel inspiratif, adalah salah satu karya sastra yang berisi suatu kisah inspiratif sehingga mampu membuat pembaca mendapatkan energi posotif setelah membaca ceritanya.

Berdasarkan Isi dan Tokoh

  • Novel teenlit, novel jenis ini biasanya menceritakan tentang kehidupan anak-anak yang masih remaja.

  • Novel songlit, novel yang isi ceritanya adalah menggambarkan isi dan alur cerita yang terdapat di sebuah lagu.

  • Novel chicklit, adalah novel yang isi ceritanya menceritakan tentang kisah kehidupan perempuan-perempuan yang masih muda.

  • Novel dewasa, adalah novel yang isi ceritanya berkisah tentang kehidupan orang-orang dewasa, seperti menggambarkan adegan percintaan dan lain sebagainya yang memang terkadang belum pantas untuk di baca oleh anak-anak yang usianya masih muda.


Sobat ruangmenulis.com, itulah ciri-ciri, struktur dan jenis serta pengertian dari novel, terima kasih sudah berkenan membacanya hingga tuntas kebagian paling bawah ini. Semoga bermanfaat ya. Salam. 


Bahan bacaan : 1,

 

 Kembali

Halaman
1

 ©2023 - Ruangmenulis.com. All rights reserved

Warkasa1919
Warkasa1919 Ruang Berbagi dan Informasi - Menyajikan berita dengan gaya bercerita (Gaya hidup, fiksi, tutorial, teknologi) juga menerima jasa pembuatan Blog dan Website siap pakai.

4 komentar untuk "Ciri-ciri, Struktur dan Jenis Novel"

Anonim 5 Mei 2023 pukul 08.16 Hapus Komentar
Terima kasih atas artikel. Bermanfaat
Warkasa1919 5 Mei 2023 pukul 08.28 Hapus Komentar
Terima kasih sudah berkenan membaca ya. Salaman🤝
Rumah Fiksi 1919 5 Mei 2023 pukul 17.26 Hapus Komentar
Artikel yang sangat bermanfaat tentang novel 👍👍
Warkasa1919 5 Mei 2023 pukul 18.38 Hapus Komentar
Terima kasih atas kunjungannya mbak Din. Salam hangat ya🤝