-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Qurban

Ruang Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Qurban

Kata Qurban berasal dari bahasa Arab, qariba - yaqrabu - qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat. Dalam kata lain, qurban artinya mendekatkan diri kepada Allah melalui ritual penyembelihan hewan ternak. 

SD N Sadagori 1, membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite.
SD N Sadagori 1, membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite.

 

Alhamdulillah setelah sempat terhenti kegiatan penyembelihan qurban, tahun ini SD N Sadagori 1, bisa membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite. Sapi dan kambing itu dipotong pada hari Sabtu, dagingnya dibagikan pada para siswa yang berhak menerima dan masyarakat sekitar.

Melihat sapi dan kambing dipotong, tak terasa air mata ini mengalir, ada perasaan tak tega melihat hewan  itu disembelih, apalagi mendengar suara mereka ketika disembelih. Entah mengapa hati ini sangat sedih, padahal bukan kali pertama saya melihat hewan yang disembelih ketika qurban.

Entah mengapa air mata ini mengalir ketika hewan-hewan itu disembelih,  mungkin saya terlalu sering mendengar berita pembunuhan  di media sosial, jadi saya membayangkan yang tidak-tidak. Saya seperti merasakan kesakitan yang mereka rasakan, ah saya mungkin saya sedang sensitif perasaannya.

 

SD N Sadagori 1, membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite.

Saya tidak mau melihat proses penyembelihan itu, saya duduk dan banyak menunduk menyibukkan diri melihat handphone, padahal itu hanya untuk pengalihan pikiran saya saja.

Saya teringat kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail, berkat ketaatannya kepada Allah SWT ketika Nabi Ibrahim bermimpi untuk menyembelih Nabi Ismail, dan beliau mengatakan kepada Nabi Ismail tentang mimpi itu, nabi Ismail bersedia dengan beberapa syarat, diantaranya agar kaki dan tangannya diikat supaya Ia tidak meronta ketika disembelih, syarat kedua pisau harus diasah sampai tajam agar Ia tidak kesakitan ketika disembelih dan syarat yang ketiga baju yang dipakainya diserahkan kepada ibundanya, Siti Hajar.

Allah SWT melihat ketulusan dan ketaatan nabi Ibrahim dan nabi Ismail, maka Allah mengganti nabi Ismail dengan seekor kambing.

Allah SWT menguji umatnya dengan cara yang berbeda, Nabi Ibrahim diuji Allah untuk menyembelih anak yang dinantikan begitu lama, dan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail itu merupakan asal mula adanya Qurban. 

SD N Sadagori 1, membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite.


 

Kita diuji Allah SWT bisa dengan kemiskinan, kekayaan, penyakit, pasangan kita, anak, orang tua, mertua, tetangga, saudara dan banyak lainnya. Manusia akan ingat Allah ketika diuji kesulitan dan biasanya manusia terlena bila diuji dengan kekayaan atau kebahagiaan. 

 SD N Sadagori 1, membeli seekor sapi hasil rereongan para peserta didik dan para guru, serta seekor kambing untuk qurban  dari ketua komite.

Semoga kita bisa melewati ujian yang Allah berikan kepada kita, saya bukan bermaksud mengajari, tapi sebagai pengingat diri saya juga, banyak yang harus diperbaiki lagi. Karena saya masih sering mengeluh dan merasa Allah menguji diluar kemampuan saya. Ketika merasa terpuruk saya bangkit lagi yakin bahwa Allah tidak akan menguji umatnya diluar kemampuannya. Dan saya dipilih dengan ujian saya ini karena dianggap mampu melewatinya. Insya Allah.

Adsn1919

 

 Kembali

Halaman
1

 ©2023 - Ruangmenulis.com. All rights reserved

Rumah Fiksi 1919
Rumah Fiksi 1919 Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam tarian penaku karena aku akan binasa secara perlahan

3 komentar untuk "Qurban"

Warkasa1919 1 Juli 2023 pukul 20.54 Hapus Komentar
Terima kasih untuk ulasannya mbak Din, bermanfaat. Salam hangat ya🙂
Rumah Fiksi 1919 1 Juli 2023 pukul 21.51 Hapus Komentar
Sama-sama mas, hanya berbagi pengalaman semoga berkenan yaaaa😁☺️🙏 salam hangat kembali
celotehnur54 7 Juli 2023 pukul 03.52 Hapus Komentar
Kadang2 sosok yang diuji ini tidak kuat menerima, ananda Dinni. Terima kasih telah berbagi.