-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Berhenti Malas


Apakah Anda orang yang malas? Apakah Anda berjuang untuk menyelesaikan sesuatu?

Semua orang pernah ke sana sebelumnya. Terkadang sangat sulit untuk menemukan motivasi untuk menyelesaikan semua hal.

Mungkin Anda terlalu banyak bekerja, berurusan dengan masalah medis, atau Anda hanya kelelahan. Mengumpulkan energi saat tangki Anda dalam keadaan kosong hampir tidak mungkin.

Tetapi tunggu dulu, apakah Anda menangkap apa yang kami katakan di sana? Mungkin Anda terlalu banyak bekerja, berurusan dengan masalah medis, atau Anda hanya kelelahan?

Apakah salah satu dari hal-hal itu terdengar seperti kemalasan?

Seperti Anda hanya tidak ingin melakukan hal-hal yang Anda tahu seharusnya Anda lakukan? Itu akan membuat hidup Anda lebih baik? Itu akan membantu Anda mempertahankan kualitas hidup Anda?

Kata “malas” adalah bahasa yang mempermalukan yang mulai mendapat tantangan di kalangan kesehatan mental.

Apa yang kita sebut kemalasan tidak selalu mencerminkan alasan sebenarnya di balik mengapa kita tidak melakukan apa yang perlu kita lakukan.

Apakah seseorang malas karena terlalu lelah untuk melakukan pekerjaan tambahan?

Apakah seseorang malas karena berjuang melawan depresi dan tubuhnya tidak menghasilkan energi untuk melakukan pekerjaan?

Apakah orang malas yang menutup diri karena diliputi kecemasan?

Apakah seseorang malas karena merasa tidak dihargai dan hanya tidak ingin melakukan pekerjaan?

Malas, menurut definisi, hanyalah keengganan untuk bekerja atau menggunakan energi. Tetapi itu jarang digunakan dengan cara yang netral. Sebaliknya, kita menggunakannya untuk melawan diri kita sendiri sebagai cara untuk mempermalukan diri kita sendiri untuk melakukan pekerjaan itu. Orang lain menggunakannya untuk melawan kita untuk mencoba mempermalukan kita menjadi motivasi.

Anda tidak boleh malas. Anda seharusnya tidak malas. Anda memiliki hal-hal yang harus dilakukan! Tanggung jawab dan semua itu!

Dan banyak dari itu hanya berasal dari konstruksi sosial dari etos kerja kita. Hidup sesungguhnya penuh peluang. Jadi jika Anda tidak berhasil, Anda pasti malas dan tidak bekerja cukup keras! Yang merupakan sikap yang sama sekali mengabaikan keacakan kesuksesan.

Kerja keras dapat membuat Anda lebih mungkin untuk berhasil. Namun, masih banyak orang di luar sana yang akan mematahkan punggung mereka dalam kerja keras dan tidak pernah mengalami "keberhasilan" seperti yang dipasarkan.

Namun, kita perlu menemukan motivasi dan jalan menuju kesuksesan kita. Tidak ada orang lain yang akan melakukan pekerjaan untuk Anda.

Jadi, bagaimana Anda bisa berhenti menjadi malas?

1. Terima diri Anda apa adanya.

Kata “malas” memiliki konotasi negatif. Tidak ada cara nyata untuk itu. Ini adalah cara paling umum kata itu digunakan.

Tetapi Anda diizinkan untuk menjadi orang yang tidak selalu ingin melakukan hal-hal terus-menerus. Itu mungkin pilihan aktif, atau mungkin sesuatu yang dipaksakan pada Anda dari faktor eksternal.

Apa pun alasannya, penting untuk bersikap baik dan berbelas kasih kepada diri sendiri. Jelas, Anda peduli dengan motivasi dan kemampuan Anda untuk menyelesaikan sesuatu. Jika tidak, Anda tidak akan berada di sini membaca artikel ini. Anda tidak akan keluar mencari pengetahuan untuk menjadi lebih produktif dan menyelesaikan lebih banyak hal.

Orang akan sering menggunakan metafora seperti, “Anda tidak harus bekerja sepanjang waktu. Anda bukan mesin." Yang tidak benar. Siapa pun yang bekerja dengan mesin tahu bahwa mesin juga tidak bekerja sepanjang waktu. Mesisn secara teratur turun untuk pemeliharaan. Jika tidak, itu akan rusak dan perlu diperbaiki. Dan seperti mesin, Anda tidak bisa produktif sepanjang waktu.

Hindari menyebut diri Anda malas. Hindari mempermalukan diri sendiri. Menempatkan pikiran negatif ke dalam kepala Anda akan membuat situasi lebih sulit pada diri Anda daripada yang seharusnya.

2. Pahami mengapa Anda tidak termotivasi.

Dapatkah Anda mengidentifikasi mengapa Anda tidak termotivasi? Mengapa Anda merasa malas? Mengidentifikasi mengapa akan memungkinkan Anda menemukan solusi untuk masalah yang mungkin tidak sesederhana hanya tidak ingin bekerja.

Pertimbangkan pertanyaan seperti:

Seberapa sering Anda mendapatkan istirahat? Apakah Anda bekerja sepanjang waktu? Apakah Anda memiliki energi untuk melakukan hal-hal yang akan Anda lakukan? Apakah Anda mendapatkan tidur yang baik?

Apakah Anda memiliki pola makan yang baik? Apakah tubuh dan otak Anda mendapatkan nutrisi yang tepat yang mereka butuhkan untuk membantu Anda tetap termotivasi dan energik?

Apakah ini masalah kesehatan mental? Apakah Anda menemukan diri Anda kewalahan terus-menerus? Apakah Anda merasa putus asa atau apatis? Apakah Anda merasa tidak ada yang penting? Apakah Anda merasa terlalu banyak keputusan yang harus diambil?

Semua hal ini mungkin menunjukkan alasan medis untuk kurangnya motivasi dan keinginan Anda. Jika Anda tidak dapat menentukan alasannya, sebaiknya bicarakan dengan profesional kesehatan mental tentang hal itu. Mereka mungkin dapat membantu Anda mengasah alasannya.

3. Kembangkan kebiasaan yang lebih baik.

Manusia adalah makhluk kebiasaan. Terkadang, kemalasan dan kurangnya motivasi dapat berakar dari kebiasaan rutin kita.

Sebagai contoh, katakanlah Anda bekerja dari rumah. Setiap hari sekitar pukul 14.00, Anda memutuskan untuk tidur siang untuk istirahat makan siang. Tubuh dan otak Anda akan terbiasa dengan tidur siang itu setiap hari, jadi ketika waktu menunjukkan pukul 1:45, otak dan tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Itu akan mulai melambat dan bersiap untuk beristirahat.

Di sisi lain, mungkin Anda tidak memiliki banyak hal untuk dilakukan. Mungkin Anda berada di tempat dalam hidup Anda di mana Anda tidak benar-benar bekerja, tidak banyak yang bisa dilakukan di sekitar rumah, dan Anda hanya menghabiskan banyak waktu untuk bersantai. Tidak ada yang salah dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, tetapi jauh lebih sulit untuk memulai lagi ketika Anda keluar dari jadwal dan harus kembali melakukannya.

Jadikan produktivitas sebagai kebiasaan. Selesaikan beberapa hal, dan akan lebih mudah untuk menumbuhkan motivasi Anda.

4. Tetapkan beberapa tujuan yang masuk akal.

Tujuan adalah cara yang fantastis untuk membangun motivasi. Sistem sasaran SMART  (Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time-based) adalah cara sederhana dan efektif untuk menyelesaikan lebih banyak hal. Sasaran SMART adalah spesifik, terukur, dapat ditindaklanjuti, relevan, dan terikat waktu.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menurunkan berat badan. "Menurunkan berat badan" adalah tujuan non-spesifik yang sulit untuk menetapkan kondisi yang berhasil. Tujuan SMART akan menjadi tujuan yang lebih kecil yang akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan akhir untuk menurunkan lebih banyak berat badan. Itu akan lebih seperti:

“Saya akan menurunkan berat badan dengan tidak mengonsumsi lebih dari 1800 kalori per hari selama 30 hari ke depan.”

Itu adalah tujuan SMART spesifik yang menyediakan cara yang dapat ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan keseluruhan. Jauh lebih mudah untuk menemukan motivasi dan menyelesaikan pekerjaan ketika Anda memiliki rencana khusus untuk mencapai kesuksesan.

5. Kerjakan hal-hal kecil.

Apakah Anda punya rencana besar? Tidak semua orang melakukannya. Tidak apa-apa jika Anda tidak melakukannya. Beberapa orang tidak bermimpi besar atau memiliki tujuan besar yang mereka perjuangkan. Alasannya bisa apa saja, mulai dari kesehatan mental hingga sekadar merasa puas dengan hal-hal kecil dalam hidup.

Hal yang menarik tentang hal-hal kecil dalam hidup adalah bahwa semua hal yang lebih besar hanyalah komposisi dari hal kecil itu. Misalnya, banyak benda bergerak yang lebih kecil digunakan untuk mendapatkan gelar. Anda harus mendaftar untuk sekolah, mungkin pindah, menghadiri dan lulus kelas, belajar, mengerjakan proyek, dan banyak lagi.

Hal-hal kecil dapat membantu memberi Anda motivasi ketika Anda merasa bosan dengan hidup Anda. Mencapai tujuan yang lebih kecil (biasanya) mengaktifkan sirkuit hadiah otak, memberikan dorongan dopamin dan endorfin sebagai hadiah untuk melakukan dengan baik. Gunakan itu untuk membuat diri Anda bergerak menuju hal-hal yang ingin Anda capai.

6. Gunakan teknik manajemen waktu.

Teknik manajemen waktu bisa menjadi cara terbaik untuk memerangi kemalasan yang diakibatkan oleh perasaan kewalahan. Tentu saja, banyak orang tidak melakukannya dengan baik ketika mereka memiliki proyek besar yang menggantung di atas kepala mereka yang benar-benar akan membutuhkan beberapa jam untuk diselesaikan, tetapi kawan, dari mana Anda mulai?

Teknik Pomodoro adalah teknik manajemen waktu umum yang dapat membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Itu mudah. Anda bekerja selama 25 menit, lalu istirahat 5 menit. Siklus ini disebut Pomodoro. Setelah empat Pomodoro, Anda beristirahat lebih lama sekitar 15 hingga 20 menit.

Mengelola waktu Anda dengan cara ini membantu memecah hari, menjaga pikiran Anda tetap segar dan termotivasi. Anda tidak ingin menghabiskan sepanjang hari menatap layar komputer, menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencoba menyelesaikan hal ini. Itu hanya membuat Anda lelah dan menghabiskan waktu di penghujung hari.

Jadi alih-alih, Anda menciptakan ruang dalam hari Anda untuk bekerja dan tidak bekerja. Anda menciptakan kebiasaan dan rutinitas yang akan membuat otak Anda downtime saat Anda perlu istirahat.

Adalah umum untuk menggunakan pengatur waktu dengan teknik ini, jadi Anda tidak mengalihkan perhatian Anda dengan menjaga waktu sepanjang hari. Atur timer selama 25 menit, bekerja sampai timer, luangkan beberapa menit, restart timer, dan ulangi.

7. Jangan biarkan diri Anda membuat alasan.

Alasan akan menggagalkan kemajuan Anda jika Anda membiarkannya. Anda selalu dapat menemukan alasan untuk tidak melakukan pekerjaan itu.

Salah satu cara umum bagi orang untuk menunda-nunda adalah dengan “menunggu waktu yang tepat”. Nah, coba tebak? Biasanya tidak ada waktu yang tepat. Anda bisa menunggu selama bertahun-tahun untuk menyelaraskan semua bintang sebelum akhirnya melakukan apa yang Anda tahu seharusnya, dan kesempatan itu bisa lama hilang.

Alasan adalah alasan lemah untuk tidak melakukan pekerjaan.

Tetapi bagaimana dengan sebuah alasan? Terkadang kita tidak bisa melakukan pekerjaan itu karena ada keadaan tambahan yang menghalangi kita untuk bertindak. Itu adil dan masuk akal. Di sisi lain, terkadang Anda memang harus menunggu. Terkadang orang lain yang tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Terkadang Anda tidak memiliki cukup informasi atau sumber daya untuk mencapai tujuan Anda.

Hal-hal ini adil dan sah. Alih-alih, berhentilah membuat alasan yang menghalangi Anda untuk maju dengan tugas dan tujuan Anda.

8. Jangan biarkan kesempurnaan menghalangi penyelesaian.

Perfeksionis sering merusak kesuksesan mereka sendiri dengan tidak puas dengan kebaikan. Sebaliknya, mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan detail tertentu, mencoba menyelesaikan setiap hal kecil sampai memenuhi kriteria sempurna mereka.

Tetapi perfeksionisme tidak selalu sesederhana itu. Terkadang perfeksionisme adalah respons kecemasan. Dengan berfokus pada penyempurnaan proyek, orang tersebut dapat memaafkan diri mereka sendiri untuk benar-benar menyelesaikannya.

Bagaimanapun, proyek yang telah selesai adalah sesuatu yang dapat dipilah-pilah, diletakkan di bawah mikroskop, dan dinilai. Banyak orang tidak nyaman dengan itu. Jadi sebagai gantinya, mereka selalu memiliki sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Hal kecil yang satu ini perlu penyesuaian. “Jika saya terus mengerjakannya! Maka itu akan menjadi sempurna! ”

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa tidak ada yang pernah sempurna. Dan bahkan jika Anda menghasilkan hal yang paling sempurna di dunia, orang lain mungkin tidak menghargainya seperti Anda.

Misalnya, pertimbangkan untuk menulis. Seorang penulis duduk dan ingin membuat cerita yang sempurna. Dia mengembangkan alur cerita yang sempurna, menjalankan tata bahasanya dengan sempurna, mengedit cerita, dan mengubahnya agar sejalan dengan visi sempurnanya. Kemudian dia merilis hal yang dia tulis, dan audiens mereka membencinya. Bagaimana mungkin itu bisa terjadi? Itu mudah. Penulis dan pembaca adalah dua orang yang berbeda dengan dua set harapan yang berbeda.

Seorang penulis dapat membuat karya teknis. Ini bisa menjadi pekerjaan yang membosankan untuk repot membaca bagi siapa saja yang tidak menyukai karya teknis.

Hidup tidak berbeda. Kesempurnaan Anda mungkin tidak berarti apa-apa bagi orang lain karena mereka tidak begitu tertarik pada kesempurnaan Anda.

9. Hadiahi diri Anda sendiri untuk menyelesaikan tugas.

Hadiahi diri Anda sendiri ketika Anda akhirnya menyelesaikan tujuan Anda. Biarkan diri Anda duduk, bersenang-senang dalam mencapai tujuan Anda, dan beri diri Anda sedikit kebahagiaan sebagai hadiah.

Itu mungkin memperlakukan diri Anda dengan sesuatu yang sedikit istimewa atau melakukan sesuatu yang menyenangkan yang biasanya tidak Anda lakukan.

Hadiah fisik untuk tujuan yang diselesaikan dapat membantu memperkuat sirkuit hadiah di otak karena Anda memiliki hal yang nyata untuk dilihat sebagai hasil dari pekerjaan Anda. Ini bisa sangat membantu ketika Anda mengejar tujuan tidak berwujud atau jangka panjang.

Misalnya, menurunkan berat badan dan memperbaiki pola makan Anda adalah proyek jangka panjang yang membutuhkan komitmen dan disiplin. Menghadiahi diri sendiri dengan pakaian yang lebih baik saat Anda menurunkan berat badan bisa menjadi hadiah yang bagus.

Namun, cobalah untuk menghindari hadiah yang kontraproduktif.

“Saya sudah sadar selama 30 hari! Aku akan minum untuk itu!”

“Saya kehilangan 25 pon! Aku akan duduk dan makan pizza!”

Kedengarannya konyol, tetapi orang-orang melakukannya sepanjang waktu. Sayangnya, itu tidak membantu dan dapat menyebabkan Anda kembali ke kebiasaan yang tidak sehat.

10. Lindungi ruang pribadi Anda.

Anda harus menjadi orang yang memastikan ada batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Ponsel telah membuat ini jauh lebih sulit karena sebagian besar dunia berasumsi bahwa Anda harus selalu dapat dijangkau. Itu menimbulkan kecemasan dan gangguan besar pada ruang pribadi Anda.

Jangan menginstal aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan di perangkat pribadi Anda. Jangan gunakan perangkat kerja Anda untuk alasan pribadi. Jangan bekerja di luar jam kerja atau menerima panggilan kerja di luar jam kerja. Ambil liburan Anda, pribadi, dan waktu sakit jika Anda cukup beruntung untuk memilikinya. Pertahankan pemisahan dari pekerjaan Anda.

11. Jangan biarkan manajer menggunakan kata “malas” untuk memengaruhi Anda.

Izinkan saya untuk berbagi sedikit kisah pribadi dengan Anda. Saya memiliki beberapa pekerjaan sebagai seseorang yang tidak selalu memiliki kehidupan yang sangat stabil. Manajemen yang buruk suka memotivasi orang dengan mempersenjatai kemalasan, kecuali mereka tidak menggunakan kata malas. Mereka mengatakan hal-hal seperti:

"Kami benar-benar membutuhkan Anda untuk mengambil beberapa kelonggaran di departemen Anda."

“Karyawan X bisa melakukannya. Jadi kenapa Anda tidak bisa?”

“Kami hanya tidak memiliki anggaran untuk mempekerjakan orang lain sekarang.”

"Apakah Anda tidak ingin menjadi pemain tim?"

Itu semua BS dimaksudkan untuk menekan Anda agar melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. Tujuan mereka adalah untuk selalu menekan biaya. Jadi mengapa repot-repot mempekerjakan seseorang untuk menggantikan orang yang baru saja berhenti ketika mereka dapat membuat Anda merasa bersalah untuk membuat Anda bekerja lebih keras? Lagi pula, banyak tempat menawarkan bonus manajemen mereka jika mereka dapat menjaga anggaran gaji mereka di bawah jumlah tertentu.

Dan jangan tertipu, “Kami tahu Anda melakukan semua pekerjaan ekstra ini, tetapi kami tidak mampu memberi Anda kenaikan gaji atau promosi sekarang. Mari kita lihat bagaimana keadaannya dalam enam bulan.” Saya akan memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana keadaannya dalam enam bulan. "Kami hanya tidak memiliki itu dalam anggaran."

Manajemen yang buruk akan menguras energi dan motivasi Anda. Mereka akan meninggalkan Anda kulit emosional. Jadi jangan puas dengan manajemen yang buruk jika Anda bisa menghindarinya.

Ungkapan yang menurut saya bermanfaat secara pribadi adalah, "Saya akan mencoba mengambil kelonggaran itu, tetapi saya tidak tahu apakah saya punya cukup waktu di hari saya untuk melakukannya." Jika Anda mengatakan tidak, mereka dapat menulis Anda karena pembangkangan atau mencoba menggertak Anda agar berpikir bahwa Anda salah. Dan kemudian, Anda dapat memberikan alasannya, "Saya tidak punya waktu untuk menyelesaikan semuanya."

Mereka kemungkinan akan mengeluh atau mengatakan Anda hanya perlu bekerja lebih keras. Hanya mengangkat bahu dan menatap mereka dengan tatapan kosong. Jangan berdebat. Anda tidak akan menang.

12. Kurangi stres Anda.

Stres memainkan peran negatif dalam kemampuan kita untuk berfungsi sebagai manusia. Tentu saja, sedikit stres belum tentu buruk. Terkadang ada baiknya mengalami gangguan. Tetapi stres jangka panjang yang teratur, konsisten dapat memiliki dampak negatif yang nyata pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Pada saat Anda benar-benar ingin beristirahat, Anda tidak lagi memiliki waktu atau energi untuk mengatasi stres yang Anda alami.

Nah, jika Anda berada dalam pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi, terkadang Anda tidak dapat menghindarinya. Jadi, Anda perlu memiliki cara untuk mengelola dan menghilangkan stres itu agar Anda tetap dapat berfungsi ketika Anda keluar dari pekerjaan.

Namun, terkadang itu tidak mungkin. Jadi, jika Anda mendapati bahwa Anda tidak dapat berfungsi saat tidak bekerja karena Anda terus-menerus stres tentang pekerjaan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perubahan karier atau mencari pekerjaan lain.

13. Merangkul perencanaan dan penjadwalan.

Terkadang kurangnya produktivitas dapat berasal dari perencanaan yang buruk. Sulit untuk menyelesaikan semua yang Anda butuhkan jika Anda terus-menerus mengejar tanggung jawab dan memadamkan api. Jadi cobalah untuk memasukkan lebih banyak penjadwalan ke dalam hari kerja Anda di mana Anda bisa.

Jauh lebih mudah untuk mencapai tujuan Anda ketika Anda memiliki waktu yang disisihkan untuk mengatasinya. Ini berarti Anda tidak harus berurusan dengan sifat awal dan akhir pekerjaan umum.

Email adalah salah satu pencuri waktu dan produktivitas utama. Misalnya, katakanlah Anda sedang mengerjakan sebuah proyek. Sebuah email mendarat di kotak masuk Anda, jadi Anda harus menghentikan pekerjaan Anda, mengalihkan fokus Anda ke email, menjawab email, dan kemudian kembali ke proyek yang sedang Anda kerjakan. Itu dapat dengan mudah berubah menjadi 5 atau 10 menit inefisiensi per email. Sekarang, jika Anda bekerja dalam pekerjaan di mana Anda mendapatkan 10 email sehari, itu banyak kehilangan produktivitas dan waktu yang terbuang.

Salah satu cara untuk mengelola gaya komunikasi itu adalah dengan memilih waktu (atau waktu) yang ditetapkan dalam sehari untuk memeriksa surat Anda. Lakukan di pagi hari, saat makan siang, dan/atau sebelum Anda pulang. Dengan begitu, Anda dapat menghabiskan sisa waktu Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda yang sebenarnya.

14. Tingkatkan kualitas tidur Anda.

Tidur adalah landasan kesehatan yang baik. Tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dan menghasilkan banyak bahan kimia penting saat Anda tertidur lelap.

Namun, misalkan Anda tidak tidur secara konsisten atau teratur. Dalam hal ini, tubuh Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan semua yang perlu dilakukan. Tidur yang dangkal atau rusak dapat menyebabkan kemurungan, depresi, memperburuk kecemasan, dan membuat Anda tidak merasa beristirahat.

Cara umum untuk meningkatkan kebersihan tidur termasuk tidak menggunakan layar sebelum tidur (bahkan dengan blocker biru), menghindari minuman yang merangsang sebelum tidur, dan memiliki tempat tidur yang nyaman. Orang cenderung tidur lebih nyenyak di tempat tidur yang nyaman di iklim yang lebih sejuk.

Cobalah untuk mempertahankan jadwal tidur di mana Anda mendapatkan jumlah tidur yang membuat Anda beristirahat. Itu biasanya sekitar enam hingga delapan jam tidur, tetapi bisa berbeda tergantung orangnya.

15. Perbaiki pola makan Anda.

Diet Anda adalah bagian penting dari motivasi dan energi Anda. Makanan dan minuman adalah bahan bakar yang membuat mesin Anda tetap berjalan. Hindari makanan yang dapat menyebabkan Anda melonjak dan kehilangan energi; gula, kafein, tinggi lemak, dan makanan olahan.

Jauhi junk food dan ngemil makanan buruk seperti keripik kentang, kue camilan, dan permen. Kami mengkonsumsi begitu banyak gula sehingga secara drastis mempengaruhi rasa makanan lain. Misalnya, Anda menjauhi makanan dengan gula halus selama beberapa minggu. Dalam hal ini, makanan manis alami seperti buah akan terasa jauh lebih manis.

Makanan yang baik diperlukan untuk menjaga tubuh Anda bekerja secara efisien.

16. Berolahraga secara teratur.

Olahraga teratur memberikan efek positif bersih pada seberapa banyak energi yang Anda miliki. Anda akan menemukan bahwa saat Anda berolahraga, tubuh Anda terbiasa dan menginginkan lebih banyak aktivitas. Energi itulah yang dapat Anda curahkan untuk mencapai tujuan Anda dan tidak menjadi malas.

Berolahraga bermanfaat meskipun dalam jumlah kecil, asalkan dilakukan secara rutin. Bahkan berjalan-jalan dan mendapatkan sinar matahari selama 15 menit sehari dapat memberikan dorongan besar untuk tingkat energi Anda.

17. Minum lebih banyak air.

Ganti jus manis dan soda, kopi dan teh, dan minuman energi dengan air putih yang baik.

Air hanya baik untuk Anda. Ini tidak memiliki kalori dan digunakan oleh tubuh Anda untuk membantu menjaga semuanya agar berfungsi dengan baik. Minum lebih banyak air.

18. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang termotivasi dan positif.

Ada pepatah yang mengatakan, "Anda adalah lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda." Ini menunjuk pada pengaruh yang sering dimiliki teman dan keluarga kita terhadap kita.

Orang-orang mengalami kesulitan bergerak melawan arus yang mereka hadapi. Misalnya, anggaplah Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang negatif yang tidak pernah ingin melakukan apa pun atau memperbaiki situasi mereka. Dalam hal ini, jauh lebih mudah bagi Anda untuk mengabaikan kemajuan Anda sendiri dan hanya bermalas-malasan dengan teman-teman Anda.

Namun, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki tujuan dapat membantu Anda membuat jaringan dukungan agar semua orang tetap pada jalurnya.

Berada di sekitar orang-orang negatif yang puas dengan bermalas-malasan bukanlah cara untuk menyelesaikan sesuatu.

19. Bersandar pada kekuatan pribadi Anda.

Frustrasi adalah demotivasi yang kuat. Anda mungkin mencoba mencapai sesuatu yang tidak Anda kuasai. Mungkin tujuan keseluruhan yang ingin Anda capai tidak benar-benar selaras dengan kekuatan pribadi Anda.

Apakah ada cara untuk menyelaraskan tujuan Anda dengan kekuatan Anda? Anda dapat membuat pengejaran tujuan Anda menjadi lebih mudah dengan bersandar pada kekuatan Anda dan mengalihdayakan kelemahan Anda.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menjadi bugar. Namun, Anda tidak tahu banyak tentang nutrisi atau makan sehat. Sekarang, Anda dapat mengajari diri sendiri banyak informasi itu melalui internet. Namun, mungkin lebih mudah untuk menemui ahli gizi dan meminta mereka membantu Anda mengembangkan rencana makan untuk mempelajari dasar-dasar makan sehat. Berbicara dengan seorang profesional dapat menghemat banyak waktu, uang, dan energi, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda.

20. Gunakan motivator.

Meskipun Anda tidak harus bergantung pada motivasi pribadi Anda untuk menyelesaikan sesuatu, Anda dapat menggunakan motivator untuk menginspirasi Anda untuk terus bergerak maju.

Orang-orang termotivasi oleh banyak hal yang berbeda, yang dibagi menjadi dua kategori.

Pertama, ada motivasi intrinsik. Ini adalah hal-hal di dalam diri Anda yang menyebabkan Anda mengambil tindakan. Itu mungkin termasuk hal-hal seperti keinginan untuk menjadi lebih baik, gairah, keadilan, atau keinginan untuk sukses.

Kedua, adanya motivasi ekstrinsik. Ini adalah faktor eksternal yang memberikan motivasi. Motivasi ekstrinsik adalah hal-hal seperti uang, perjalanan, menjadi menarik bagi orang lain, atau pujian dari orang lain.

Motivator macam apa yang menginspirasi Anda untuk bertindak? Bagaimana Anda bisa memasukkannya untuk memberi diri Anda dorongan ekstra ketika Anda tidak ingin bekerja?

Anda mungkin dapat meningkatkan motivasi dan inspirasi Anda untuk diri sendiri sebelum Anda mulai bekerja. Mungkin Anda mengikuti banyak artis atau memiliki papan visi yang menguraikan seperti apa kehidupan ideal Anda. Hal-hal semacam ini dapat berfungsi sebagai motivasi ekstrinsik ketika Anda menemukan diri Anda kekurangan motivasi intrinsik.

21. Jangan hanya mengandalkan tekad untuk menyelesaikan sesuatu.

Kemauan adalah alat yang ampuh yang dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit. Namun, bukanlah ide yang baik untuk hanya mengandalkan tekad untuk mewujudkan tujuan yang lebih besar. Kemauan bisa naik dan turun. Anda mungkin bersemangat dan siap menghadapi dunia hari ini; tetapi besok Anda mungkin merasa lelah dan tidak dapat melakukan pekerjaan itu.

Tidak apa-apa. Itu adalah otak Anda yang memberi tahu Anda bahwa sudah waktunya untuk istirahat. Anda tidak harus memiliki kemauan keras untuk menyelesaikan sesuatu dan mencapai tujuan Anda.

22. Definisikan kembali apa artinya gagal.

Apakah Anda takut gagal? Banyak orang. Mereka sebenarnya tidak malas; mereka hanya takut dibuat terlihat bodoh atau tidak berhasil.

Tetapi, inilah rahasianya. Orang sukses selalu gagal. Mereka berhasil karena mereka tidak selalu melihat kegagalan sebagai akhir. Tidak harus begitu. Tidak apa-apa jika sesuatu tidak berhasil. Tetapi, apa yang akan Anda lakukan dengan informasi itu? Apakah Anda akan menyerah dan berkata, “Baiklah, saya gagal. Saya menyerah!"

Atau, apakah Anda akan mengambil kegagalan itu sebagai pelajaran tentang apa yang tidak berhasil dan beralih ke pendekatan lain? Kegagalan tidak harus menjadi akhir jika Anda tidak menginginkannya. Terkadang kegagalan hanyalah hambatan yang menempatkan Anda ke arah yang lebih baik untuk sukses.

Kegagalan bukanlah kata kotor. Tetapi, tentu saja, itu tidak akan menghentikan orang-orang negatif untuk memperlakukannya seperti itu. Abaikan orang-orang itu. Mengapa Anda peduli dengan pendapat orang yang tidak mendukung Anda? Mereka tidak relevan.

23. Berhentilah berpikir dan mulailah melakukan.

Ada baiknya untuk merencanakan rute yang ingin Anda ambil menuju kesuksesan. Masalahnya adalah bahwa terlalu banyak bisa menjadi hal yang buruk.

Kemalasan mungkin bukan kurangnya motivasi atau keinginan; terkadang, orang terlalu sibuk dengan pemikiran mereka sendiri tentang hal itu. Mereka menghabiskan seluruh waktu mereka untuk berpikir, merencanakan, merencanakan lebih banyak, dan lebih banyak berpikir. Ini disebut "kelumpuhan analisis."

Rahasia untuk menerobos ini adalah berhenti berpikir dan mulai melakukan. Buat rencana awal Anda, lalu mulailah melakukannya.

Masalah dengan terlalu banyak perencanaan adalah mengasumsikan bahwa Anda dapat memperkirakan setiap rintangan yang akan Anda hadapi. Anda tidak akan. Anda tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui. Yang dapat Anda lakukan hanyalah menghadapi rintangan yang tidak diketahui itu ketika Anda akhirnya bertemu dengannya.

Anda harus yakin bahwa Anda pintar dan cukup mampu untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut ketika Anda mengalaminya.

Dan Anda! Terlebih lagi, Anda memiliki internet di ujung jari Anda. Tidak diragukan lagi ada seseorang di suatu tempat yang telah mengalami masalah yang Anda alami. Informasinya ada di luar sana. Dan jika tidak, maka Anda mendapatkan hak istimewa untuk mencoba hal-hal baru untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak!

24. Hidup di masa sekarang.

Apakah Anda hidup di masa sekarang? Apa artinya hidup di masa sekarang?

Ini tidak rumit. Hidup di masa sekarang berarti, Anda secara aktif memilih apa yang Anda lakukan pada saat ini, daripada ditarik atau bertindak karena kebiasaan.

Misalnya, Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial. Anda menggulir dan menggulir dan menggulir dan menggulir, dan hal berikutnya yang Anda tahu, itu dua jam kemudian. Apakah Anda aktif memutuskan untuk menggulir media sosial selama dua jam? Atau apakah itu sesuatu yang Anda lakukan tanpa berpikir karena kebiasaan karena itulah yang biasa Anda lakukan?

Prinsip itu berlaku untuk banyak hal. Orang-orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain video game, menonton acara pesta, menggulir media sosial, atau tidak melakukan apa-apa karena itulah yang mereka lakukan. Bahkan mungkin tidak memberi mereka kesenangan, kedamaian, atau relaksasi. Hanya itu yang mereka lakukan.

Jangan terbawa oleh kebiasaan Anda. Buat pilihan aktif. Dan itu tidak berarti bahwa Anda harus sepenuhnya melepaskan hal-hal ini. Perhatikan saja bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Mungkin Anda ingin bermain video game selama satu jam dan kemudian keluar dan berolahraga. Atau mungkin Anda memasang pertunjukan di latar belakang saat Anda membersihkan ruang tamu Anda.

Pilih secara aktif bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu terbatas yang berharga yang Anda miliki. Anda tidak mendapatkan lebih banyak waktu.

Kesimpulannya

Kemalasan adalah subjek yang rumit. Ini jarang sesederhana hal memalukan yang seharusnya terjadi. Bagi kebanyakan orang, kemalasan sebenarnya hanya sekedar lelah atau butuh perubahan gaya hidup. Ketidakmampuan untuk menyelesaikan sesuatu dapat menunjukkan kondisi medis yang menampilkan kelelahan atau kelelahan bagi orang lain. Banyak penyakit mental dapat menyebabkan kelelahan ke titik di mana orang tersebut berjuang untuk berfungsi secara konsisten.

Jika Anda mengalami kemalasan kronis dan tampaknya tidak tahu mengapa, konsultasikan dengan profesional medis. Ini mungkin tidak sesederhana, "Saya hanya perlu kembali bekerja."

Berbaik hatilah pada diri sendiri dan orang lain. Orang umumnya tidak ingin melakukan pekerjaan yang buruk atau kehilangan peluang. Kemalasan bukanlah sesuatu yang kebanyakan orang pilih.

***

Solo, Sabtu, 25 September 2021. 10:09 am

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

ilustr: JournalHow



Suko Waspodo
Suko Waspodo Dosen, Leadership Trainer, Penikmat Seni, Pemerhati Kehidupan

6 komentar untuk "Cara Berhenti Malas"

Warkasa1919 25 September 2021 pukul 20.46 Hapus Komentar
Inspiratif. Terimakasih untuk artikelnya, Om😊👍
Rumah Fiksi 1919 25 September 2021 pukul 20.51 Hapus Komentar
Mas Suko terimakasih artikelnya
Suko Waspodo 25 September 2021 pukul 21.30 Hapus Komentar
Sama-sama, mas
Suko Waspodo 25 September 2021 pukul 21.30 Hapus Komentar
Sama-sama
Nitamarelda.com 25 September 2021 pukul 22.14 Hapus Komentar
Keren artikenya pak suko
celotehnur54 26 September 2021 pukul 11.19 Hapus Komentar
Terima kasih ulasannya , Mas Suko. Mendongkrak semangat.