Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

 DaftarBuat Artikel

 

 

Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

Ruangmenulis.com – Kepercayaan itu mahal harganya kawan! Mungkin ada diantara teman-teman yang pernah mendengarkan ungkapan seperti itu. Tetapi benarkah demikian? Beberapa fakta memang menunjukkan hal seperti itu, jadi memang benar bahwa kepercayaan itu mahal harganya, jadi jangan pernah menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah diberikan orang kepada kita.  Pada dasarnya tidak mudah bagi seseorang untuk menaruh percaya terhadap orang lain. Itulah sebabnya jika kita memang sudah diberi amanah, jangan pernah menyia-nyiakan amanah tersebut.

Kita semua tentu sudah mengetahui dan sudah sama-sama paham; bahwa kepercayaan itu adalah dasar yang paling penting di dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga hubungan cinta. Karena memang untuk mendapatkan kepercayaan dari seseorang tidaklah mudah, membutuhkan waktu, usaha, dan juga kesabaran, tapi untuk kehilangan kepercayaan dari seseorang sangatlah mudah. Cukup sekali saja kamu lakukan maka selanjutnya yang kamu dapatkan dari orang yang sebelumnya sudah pernah memberikan kepercayaannya kepadamu itu adalah kecurigaan demi kecurigaan karena memang kepercayaannya kepadamu itu sudah tidak lagi ada.

Mungkin teman-teman sudah banyak sekali menemukan beberapa kasus yang bisa dijadikan contoh jika di dalam suatu hubungan cinta yang di dalamnya tidak ada rasa saling percaya, maka yang terjadi adalah hubungan itu tidak akan pernah bisa awet. Kecurigaan demi kecurigaan akhirnya menghasilkan pada pertengkaran dan lama-lama adalah perpisahan.

Bagi kalian yang sedang membangun suatu hubungan, maka syarat paling utama agar hubungan kalian itu bisa langgeng adalah dengan membangun kepercayaan. Siapa orangnya yang tidak ingin awet menjalin hubungan? Baik hubungan pertemanan apalagi soal hubungan cinta.

Berikut ini ruangmenulis.com rangkum dari berbagai sumber bagaimana cara untuk membangun kepercayaan agar hubungan bisa awet.

Kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses sebuah hubungan. Tanpa rasa saling percaya yang kuat, hubungan yang dijalani pun tidak akan terasa nyaman, bahkan rentan mengalami perpisahan. Maka, penting bagi kamu dan pasanganmu untuk tahu cara membangun kepercayaan dalam hubungan.

Kita semua mungkin sepakat dengan ungkapan bahwa “rasa percaya itu termasuk ke dalam kebutuhan emosional dasar manusia dan itu harus terpenuhi seperti halnya makan dan minum untuk menunjang kehidupan.” Begitupun dengan kepercayaan, agar hubungan itu tetap “hidup” maka perlu asupan itu agar bisa membuat kita dan pasangan kita merasa aman, baik secara fisik maupun emosional.

Seperti yang ruangmenulis.com baca dari salah satu artikel yang tayang di alodokter.com, diketahui bahwa rasa percaya yang kuat bisa membawa beragam manfaat bagi hubungan, seperti mengurangi konflik dan mendukung hubungan yang positif, tetapi sebaliknya, hubungan yang tidak didasari rasa percaya akan lebih rentan mengalami masalah, bahkan dapat menyebabkan rasa insecure hingga gangguan mental, seperti depresi. Nah lo! Ternyata bahaya juga kan efek dari rasa saling ketidakpercayaan ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membangun kepercayaan dalam hubungan ada baiknya kita ketahui juga beberapa indikasi bahwa ada kepercayaan di dalam suatu hubungan, Adapun tanda-tandanya adalah seperti hal berikut ini.

 

  • Hal pertama yang bisa kita lihat apakah hubungan kita dengan pasangan kit aitu baik-baik saja dalam hal kepercayaan adalah kita akan merasa aman dengan pasangan, baik secara fisik maupun emosional.
  • Selanjutnya hal kedua dari rasa kepercayaan kita kepada pasangan kita adalah ketika kita merasakan bahwa baik kita sendiri maupun pasangan kita berkomitmen dengan hubungan yang sudah kita sepakati bersama.
  • Hal berikutnya yang timbul dari rasa saling percaya tadi adalah kita akan merasa untuk tidak perlu menyembunyikan sesuatu dari pasangan.
  • Hal lain yang paling mencolok dari adanya rasa saling percaya kepada pasangan adalah timbulnya rasa saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.
  • Yang terakhir setelah timbul perasaan saling mendukung pasangannya adalah munculnya sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lihat dari suatu hubungan apakah ada kepercayaan atau tidak di dalam hubungan mereka, jika tidak ada beberapa hal diatas maka sudah pasti hubungan yang terjalin itu tidak dibangun dengan dasar kepercayaan dan selanjutnya kita tinggal melihat dan menunggu saja melihat keretakan di dalam hubungan mereka.

 

 Kembali

© Ruangmenulis.com, All rights reserved.

Warkasa1919
Warkasa1919 Ruang Berbagi dan Informasi - Menyajikan berita dengan gaya bercerita (Gaya hidup, fiksi, tutorial, teknologi) juga menerima jasa pembuatan Blog dan Website siap pakai.

4 komentar untuk "Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan"

  1. Betul seperti itu dan makasih artikelnya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan membacanya mbak Din.. Salam hangat🤝

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan singgah dan membacanya pak Pudji.. Salam hormat 🤝

      Hapus