Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Permasalahan Pendidikan Indonesia Saat Ini

 

Permasalahan Pendidikan Indonesia Saat Ini
Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Permasalahan Pendidikan Indonesia Saat Ini

Pendidikan Indonesia mungkin terlihat normal dan berjalan dengan baik. Namun apabila Anda menelaahnya lebih dalam maka akan menemukan beberapa permasalah yang sampai pada saat ini masih menjadi kendala besar dunia pendidikan. Oleh karena itu, simak ulasan berikut.

3 Permasalahan Pendidikan Indonesia Saat Ini

Menurut para ahli saat ini terdapat 3 permasalahan utama yang terjadi pada dunia pendidikan Indonesia. Hal tersebut tentu menjadi kendala besar akan kemajuan pendidikan yang terkesan stuck meskipun tak begitu beruk. Berikut beberapa permasalahannya.

1.       Ketersediaan Dana

Salah satu permasalah dalam pendidikan Indonesia adalah perihal ketersediaan dana. Tentu ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena cukup mempengaruhi keberlangsungan dunia pendidikan. Apalagi situasinya seperti saat ini dimana terkena dampak dari pandemi.

Tak bisa terbantahkan bahwa masalah utama yang menjadi kendala untuk dunia pendidikan berkembang ialah ketersediaan dana. Bahkan para ahli pin sangat setuju bahwa hal tersebut merupakan alasan mengapa dunia pendidikan stuck alias tidak bergerak secara pesat.

2.       Kualitas Tenaga Pengajar

Permasalahan dalam pendidikan Indonesia selanjutnya ialah perihal sumber daya pengajar. Masalahnya bukan berdasarkan kuantitasnya melainkan kualitasnya. Sebab, tenaga pengajar tersebutlah yang nantinya akan bertanggung jawab atas kualitas para murid atau siswa.

Hal tersebut muncul pun bisa jadi karena kurangnya pelatihan terhadap tenaga pengajar agar mampu memberikan metode terbaik. Namun, apabila masalah ini pun tak terselesaikan maka dampaknya akan lebih besar lagi. Sekalipun ketersediaan dana pendidikan tergolong cukup.

3.       Fasilitas

Pada dasarnya masalah yang satu ini merunut ke poin pertama yaitu ketersediaan dana. Dengan uang yang tergolong sangat terbatas tentu akan mempengaruhi fasilitas bagi dunia pendidikan. Seperti yang Anda ketahui bahwa hal ini pun menjadi aspek penting.

Dengan kelengkapan fasilitas maka setidaknya proses belajar mengajar menjadi lebih mumpuni. Begitupun sebaliknya apabila harga tersebut belum atau tidak terpenuhi dengan baik. Maka mau tak mau dunia pendidikan bergerak secara lambat karena kurangnya fasilitas.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa permasalahan pendidikan Indonesia saat ini. Oleh karena itu, apabila 3 aspek tersebut tidak segera diperbaiki, maka dampaknya akan terus mengganggu pertumbuhan dunia pendidikan. Bahkan menjadi masalah yang sangat besar.

Nulis Bersama
Nulis Bersama Ruang berbagi cerita

4 komentar untuk "Permasalahan Pendidikan Indonesia Saat Ini"

  1. Betul sekali itu permasalahan pendidikan saat ini, terimakasih telah berbagi artikel 👍☺️

    BalasHapus
  2. kualitas dan fasiitas diperlukan dana untuk meningkatkannya.....

    # Tulisan bermanfaat....
    👍👍👍

    BalasHapus