-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Demonstasi Kontekstual Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Seri Guru Penggerak)

Demonstasi Kontekstual

Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran 

CGP ANGKATAN 4 KOTA BANDUNG
Fasilitator: Evy Sumiati
Pengajar Praktik: Haviz Kurniawan

Cara mentransfer ilmu pengetahuan dan penerapan yang didapatkan dalam program pendidikan guru penggerak diantaranya:

1. Mensosialisasikan pembelajaran yang didapat pada komunitas praktisi yang telah dibentuk di SDN 173 Neglasari dalam pertemuan rutin setiap minggunya.

2. Mengadakan workshop terbatas dalam kegiatan kelompok kerja guru baik di tingkat satuan pendidikan maupun yang lebih tinggi lagi

3. Menyajikan materi-materi yang singkat padat disertai praktik langsung yang mudah dipahami dan dijalankan secara bertahap dan berkesinambungan dalam bentuk video, blog maupun pertemuan langsung.

4. Mengajak murid, para guru dan warga sekolah untuk mengenal lebih jauh mengenai pembelajaran yang disosisalisasikan dalam program pendidikan guru penggerak dalam pertemuan rutin baik secara daring maupun luring.

Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Langkah awal yang akan dilakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah dengan menganalisa setiap masalah yang muncul kemudian menentukan apakah masalah tersebut berkaitan dengan dilema etika atau bujukan moral. Bila telah kita pahami bahwa masalah berupa dilema etika maka kemudian ambil langkah-langkah dengan menggali 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengujian yang telah dipelajari. Langkah selanjutnya meskipun sudah meyakini apa yang kita putuskan dan menyadari konsekuensi dari pengambilan keputusan tadi tidak ada salahnya mendikusikannya dengan orang atau rekan sejawat yang kita percaya. 

Langkah tersebut bisa kita mulai dari diri sendiri, murid dan kemudian pada skup yang lebih luas lagi.

Satu langkah telah diambil, dijadikan kasus nyata yang dibahas dalam forum kolaborasi analisa studi kasus nyata.

Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Karena hal pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran merupakan hal mendasar yang baik untuk diterapkan maka alangkah baiknya dilaksanakan sesegera mungkin. Saya akan memulainya segera setelah mengetahui adalah masalah dilemma aetika atau bujukan moral minggu ini juga sambil memperdalam pengetahuan tentang hal ini.

Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Yang akan menjadi pendamping saya dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran tentunya adalah rekan sejawat yang tergabung dalam komunitas praktisi yang telah dibentuk di SDN 173 Neglasari. Kemudian Kepala Sekolah dan rekan sejawat yang tergabung dalam guru penggerak Kecamatan Coblong serta pengajar praktik yang telah membimbing sejak awal.  

          Terima Kasih.

Desi Oktoriana
Desi Oktoriana Seorang guru SDN 173 Neglasari Bandung.

2 komentar untuk "Demonstasi Kontekstual Modul 3.1. Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Seri Guru Penggerak)"

Rumah Fiksi 1919 24 April 2022 pukul 17.17 Hapus Komentar
Mba Desi terimakasih artikelnya sangat bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Budi Susilo 24 April 2022 pukul 17.39 Hapus Komentar
๐Ÿ‘ mantap