-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis-jenis Berita


Jenis-jenis Berita

Jenis-jenis Berita_Foto oleh cottonbro dari Pexels


 

Jenis-jenis Berita

Ruangmenulis.com - Di dalam literatur jurnalistis terdapat beberapa jenis berita.

Setelah sebelumnya penulis membahas tentang  "cara menulis berita" yang sudah tayang di warkasa1919.com, kali ini penulis mencoba untuk mengulas sedikit tentang jenis-jenis berita yang ada.

Mengutip dari beberapa sumber dan catatan pribadi, berikut ini adalah beberapa  jenis berita yang biasanya dipergunakan oleh beberapa media :

1. Straight News (Berita Langsung)

- Straight News atau berita langsung, ini adalah merupakan jenis berita yang biasanya ditulis secara singkat, padat, dan lugas.

Berita-berita jenis ini biasanya berada di halaman depan suatu surat kabar ataupun situs berita.

Beberapa situs berita seperti News site, online media dan lain-lain itu pada umumnya sebagian besar menampilkan jenis berita straight news.

Adapun jenis berita Straight News sendiri masih dibagi lagi menjadi dua jenis berita, yaitu ;

a). Jenis berita Straight News yang pertama adalah Hard News, ini merupakan jenis berita yang masuk kedalam kategori keras, serius, hangat, heboh, dan terkadang juga bisa sedikit menegangkan, bahkan bisa terasa mengerikan dan membuat kaget pembacanya, contoh berita model Hard News ini adalah model berita politik dan bencana, baik bencana alam ataupun bencana kemanusiaan.

b). Di nomor urut kedua model berita jenis straight news ada Soft News, jika di nomor urutan pertama merupakan jenis berita yang keras, maka ini kebalikannya, yaitu merupakan berita ringan.

Jenis berita yang termasuk di dalam kategori Soft News ini biasanya adalah jenis-jenis berita yang tidak terlalu serius, contohnya adalah berita tentang selebritis, informasi tentang artis, kabar dari dunia hiburan hingga tentang wisata dan suatu produk yang baru saja diluncurkan.

2. Opinion News (Berita Opini)

- Berita Opini atau Opinion News, ini adalah jenis berita yang berisi tentang suatu pendapat, analisis, dan juga bisa berupa sebuah komentar atau pernyataan seseorang yang menanggapi tentang sebuah peristiwa atau isu-isu yang sifatnya masih aktual.

Berita jenis ini biasanya hanya memberitakan tentang pendapat ataupun pernyataan seorang pejabat, pakar, pelaku, korban, dan juga bisa seputar kesaksian seseorang di suatu kejadian maupun kasus tertentu.

3. Interpretative News (Berita Interpretasi)

- Berita jenis ini biasanya adalah jenis berita yang umumnya dikembangkan oleh pendapat ataupun hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seorang wartawan atau penulis berita.

Berita Interpretasi ini bisa juga di sebut dengan suatu laporan peristiwa yang telah dilengkapi dengan interpretasi atau penilaian. Pada umumnya, jenis berita Interpretasi adalah model pengembangan berita langsung yang telah ditambahi  dengan berbagai informasi pendukung lainnya, tujuannya adalah agar berita tersebut lebih menarik dibaca dengan berbagai isu-isu tambahan.

Contoh berita Interpretasi ini adalah seperti berita tentang banjir yang dilengkapi dengan cuplikan komentar yang berasal dari pakar lingkungan dan masyarakat umum yang menanggapi tentang kejadian.

4. Depth News (Berita Mendalam)

- Jenis berita yang berikutnya adalah Depth News, jenis berita seperti ini biasanya lebih lengkap dan lebih detail di dalam menyampaikan kabar kepada pembaca.

Depth News atau berita mendalam ini biasanya adalah  pengembangan lebih lanjut dari model berita straight news.

Berita-berita yang mengadopsi model Depth News ini biasanya memerlukan waktu yang lebih lama di dalam proses pembuatannya sebelum sampai kepada pembaca, hal ini dikarenakan memerlukan riset yang lebih mendalam terkait suatu kasus yang akan dijadikan berita, proses penggalian fakta lebih menekankan unsur why dan how.

Jenis berita model Depth News ini biasanya lebih kepada menjelaskan, mengapa suatu peristiwa itu bisa terjadi, serta ulasan bagaimana dampaknya, dan tak lupa juga menjelaskan secara teori apa-apa saja yang harus dilakukan terhadap peristiwa yang sudah terjadi tersebut.

Berita model Depth News ini biasanya adalah jenis berita pengembangan dari berita sebelumya (berita lama) yang masih belum selesai diulas secara lengkap dan dinilai masih perlu untuk ditindaklanjuti, untuk mengembangkan berita ini, biasanya wartawan akan mencari info-info baru terkait kasus yang hendak mereka beritakan, wartawan bisa juga melakukan mewawancara ulang dengan berbagai pihak yang terkait dengan berita lama yang topik nya sedang dibahas.

5. Investigation News (Berita Investigasi).

- Jenis berita yang terakhir adalah model Investigation News atau Berita Investigasi. Jenis berita ini biasanya lebih lengkap dan mendalam dari model depth news.

Dari berbagai jenis-jenis berita diatas tadi, jenis berita Investigasi ini bisa dibilang sebagai jenis berita yang paling lengkap dan panjang, isi dari jenis berita investigasi ini biasanya dikembangkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh si pembuat berita, penelitian ataupun penyelidikan dilakukan dari berbagai macam sumber. Tujuannya adalah agar apa yang diberitakan itu tidak bisa di sangkal lagi.

Pada umumnya model berita investigasi ini ditulis berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan sebelumnya. Investigation News ini biasanya adalah sebuah berita yang ditulis untuk mengungkapkan sebuah peristiwa yang misterius.

Setelah wartawan atau penulis berita investigasi ini berhasil mengungkap teka- teki dari topik yang di tuliskan berdasarkan fakta yang di dapat, maka berita investigasi inipun akan segera dirilis untuk disampaikan kepada pembaca.

Itulah beberapa jenis berita yang ada, walaupun terbagi menjadi beberapa jenis berita, tetapi seorang penulis berita, di dalam meracik kalimat-kalimat nya tetap harus mengikuti kaidah jurnalistik dan prinsip 5W+1H (What, Where, When, Who, Why dan How) sebelum mempublikasikan tulisannya di media. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas sampai kebawah. Salam hangat untuk kita semua.

 

 

Warkasa1919
Warkasa1919 Ruang Berbagi dan Informasi - Menyajikan berita dengan gaya bercerita (Gaya hidup, fiksi, tutorial, teknologi) juga menerima jasa pembuatan Blog dan Website siap pakai.

4 komentar untuk "Jenis-jenis Berita"

Rumah Fiksi 1919 20 Januari 2022 pukul 11.11 Hapus Komentar
Terimakasih untuk artikelnya, sangat bermanfaat 👍👍
Warkasa1919 20 Januari 2022 pukul 11.36 Hapus Komentar
Hehehe terimakasih sudah berkenan membacanya, mbak Din..😅🙏
Budi Susilo 20 Januari 2022 pukul 11.50 Hapus Komentar
Terima kasih
Warkasa1919 20 Januari 2022 pukul 12.14 Hapus Komentar
Terimakasih sudah berkenan membacanya Om Bud..😅🙏