-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Ruang Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Di usia anak yang masih duduk di bangku SD tentu mereka masih sangat suka sekali bermain. Memang terdapat beberapa anak yang senang untuk belajar dari sejak kecil. Seperti mereka gemar memegang buku, belajar membaca, menggambar dan belajar menghitung. 

Tapi ada juga beberapa anak yang jauh lebih senang untuk bermain dengan teman-teman atau pergi ke tempat lain ketimbang harus menghabiskan waktu untuk belajar karena di sini mereka menganggap belajar sesuatu yang sangat membosankan.

Oleh karena itulah memang dibutuhkan adanya motivasi dari anak-anak tersebut untuk mau belajar. Di sinilah guru memiliki peranan yang begitu besar di dalam memberikan motivasi belajar pada para siswa SD. Berikut ini akan diberikan beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD.

Bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak?

1. Berikan Apresiasi

Hal lain yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan motivasi belajar para siswa SD yaitu dengan memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah mereka kerjakan. Seperti contohnya saat siswa mengerjakan PR dengan sangat baik, maka Anda bisa memberikan beberapa pujian pada mereka. 

Tak hanya pujian saja Anda bisa memberikan apresiasi berupa tepuk tangan maupun predikat tertentu. Namun sebaiknya di sini Anda menghindari apresiasi berupa hadiah yaitu makanan ataupun materi seperti alat tulis dan lain-lain. Hal itu dilakukan supaya motivasi Anda tidak terkecoh pada orientasi hadiah jika dibandingkan dengan pencapaian belajar.

2. Ciptakan Pola Belajar yang Disukai

Dikarenakan salah satu sebab utama mengapa anak di sini kurang termotivasi untuk belajar yaitu pemikiran mereka aktivitas belajar adalah sesuatu yang dirasa membosankan. Oleh karena itulah di sini Anda perlu melakukan sedikit improvisasi proses pembelajaran di dalam kelas dengan pola belajar yang mereka sukai.

Ceritakanlah pola belajar yang membuat anak-anak tertarik, seperti diselingi dengan interaksi ataupun aktivitas tanya jawab saat Anda sedang menjelaskan materi. Anda juga bisa mengajak para siswa untuk bermain kuis di awal materi ataupun dengan menceritakan hal-hal menarik terkait materi yang dipelajari.

Seperti contohnya pelajari materi mengenai seni budaya maka Anda dapat menceritakan kisah mengenai para penggiat seni yang membawa harum hama tanah air ke mancanegara sehingga di sini siswa akan jauh lebih termotivasi untuk mengenal lebih jauh materi itu.

3. Ajak Para Siswa Bercerita

Pembelajaran yang baik adalah yang di sini berjalan dua arah bukan sekedar guru yang hanya ingin didengarkan saja, tapi dengarkan pula pendapat serta kemauan dari para siswa. Ajak siswa-siswi Anda untuk bercerita agar memahami bagaimana pengalaman belajar mereka, apa yang mereka rasakan selama belajar apa cita-cita dan apa harapannya.

Sehingga dengan memahami keinginan para siswa tersebut Anda pun akan bisa lebih memotivasi mereka untuk jauh lebih giat belajar demi meraih cita-cita.

4. Ciptakan Aktivitas yang Melibatkan Semua Siswa

Anda bisa membuat aktivitas yang mana di sini melibatkan semua siswa dalam satu kelas. Hal tersebut nantinya akan membagi pengetahuan penyelesaian tugas individu serta gagasan dengan seluruh siswa di kelas tersebut.

5. Kenali Minat Siswa

Para siswa mungkin berada di dalam satu kelas, tapi mereka mempunyai kepribadian yang pastinya berbeda-beda satu sama lain. Maka dari itu Anda penting untuk memahami siswa bagaimana tanggapan mereka pada materi dan apa saja minat serta kekhawatiran mereka.

6. Hindari Memberikan Komentar Buruk

Anda di sini bisa menggunakan komentar positif dan juga perilaku yang baik. Banyak sekali siswa yang percaya diri akan kemampuan dan performa dirnya. Dengan membuat pernyataan yang berbau negatif pada para siswa di dalam kelas yang berkaitan dengan kemampuan maupun perilaku mereka.

 

 Kembali

Halaman
1

 ©2023 - Ruangmenulis.com. All rights reserved